Home / SEJARAH / 11 Oktober 1932 : Presiden Roosevelt Terima Surat dari Einstein Tentang Bom Atom

11 Oktober 1932 : Presiden Roosevelt Terima Surat dari Einstein Tentang Bom Atom

KORANMAKASSARNEWS.COM — Rencana untuk membuat bom uranium oleh negara-negara Sekutu dimulai sejak tahun 1939 ketika Albert Einstein menulis surat kepada Presiden AS Franklin D. Roosevelt dan surat tersebut diterima presiden pada tanggal 11 Oktober 1932. Dalam suratnya Einstein menyampaikan teori bahwa reaksi rantai nuklir yang tidak terkontrol memiliki potensi besar untuk dijadikan senjata pembunuh massal.

baca juga : 10 Oktober : Peringatan Hari Anti Hukuman Mati Sedunia

Pada 1940, pemerintah AS menyetujui dana sebesar 6.000 dolar untuk membiayai pembuatan bom atom itu. Proyek yang disebut sebagai proyek Manhattan itu akhirnya mencapai hasil lima tahun kemudian dengan dana yang membengkak hingga dua juta dolar. Pertanyaan selanjutnya adalah kepada siapa bom itu akan dijatuhkan? Target adalah Jerman. Namun, karena Jerman telah menyerah dalam Perang Dunia II, pada Agustus 1945 Jepang menjadi korban dari serangan bom atom generasi pertama tersebut. (sumber : wikipedia)

Check Also

15 November 1945 : Cikal Bakal Berdirinya Korps Marinir TNI AL

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Korps Marinir TNI Angkatan Laut atau (Kormar) adalah salah satu komando utama (Kotama) …

Loading...