Home / SEJARAH / 12 Oktober 2002 : Bom Bali, Ledakan Bom di 2 Klub Malam di Kuta Tewaskan 202 Orang

12 Oktober 2002 : Bom Bali, Ledakan Bom di 2 Klub Malam di Kuta Tewaskan 202 Orang

KORANMAKASSARNEWS.COM — Bom Bali 2002 (disebut juga Bom Bali I)adalah rangkaian tiga peristiwa pengeboman yang terjadi pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002. Dua ledakan pertama terjadi di Paddy’s Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali, sedangkan ledakan terakhir terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat, walaupun jaraknya cukup berjauhan. Rangkaian pengeboman ini merupakan pengeboman pertama yang kemudian disusul oleh pengeboman dalam skala yang jauh lebih kecil yang juga bertempat di Bali pada tahun 2005. Tercatat 202 korban jiwa dan 209 orang luka-luka atau cedera, kebanyakan korban merupakan wisatawan asing yang sedang berkunjung ke lokasi yang merupakan tempat wisata tersebut. Peristiwa ini dianggap sebagai peristiwa terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.

Tim Investigasi Gabungan Polri dan kepolisian luar negeri yang telah dibentuk untuk menangani kasus ini menyimpulkan, bom yang digunakan berjenis TNT seberat 1 kg dan di depan Sari Club, merupakan bom RDX berbobot antara 50–150 kg.

baca juga : 11 Oktober 1932 : Presiden Roosevelt Terima Surat dari Einstein Tentang Bom Atom

Peristiwa Bom Bali I ini juga diangkat menjadi film layar lebar dengan judul Long Road to Heaven, dengan pemain antara lain Surya Saputra sebagai Hambali dan Alex Komang, serta melibatkan pemeran dari Australia dan Indonesia. (sumber : wikipedia)

Check Also

20 Oktober 1964 : Sekretariat Bersama Golongan Karya (Golkar) Berdiri

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Pada tahun 1964 untuk menghadapi kekuatan PKI (dan Bung Karno), golongan militer, khususnya …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.