Home / DAERAH / Selesai Ikuti Diklat di PIP Makassar, Dinas Perikanan Maros Harap Kehidupan Nelayan Bisa Lebih Baik

Selesai Ikuti Diklat di PIP Makassar, Dinas Perikanan Maros Harap Kehidupan Nelayan Bisa Lebih Baik

MAROS, KORANMAKASSARNEWS.COM – Hari ini, 200 warga nelayan dari kabupaten Maros yang menjadi peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat Nelayan dan Awak Kapal Tradisional di kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar kembali ke Maros setelah resmi dinyatakan selesai. Acara ini mulai digelar Senin 8 Oktober 2018 dan berakhir, Sabtu (13/10/2018).

Diklat tersebut digelar oleh Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PIP Makassar dan Dinas Perikanan Maros.

Salah satu peserta diklat dari Desa Pajukukang, Asdar Amir yang baru saja tiba dari PIP Makassar mengungkapkan, dirinya tidak rugi mengikuti diklat tersebut, sebab katanya, para nelayan diajari tentang ilmu pelayaran.

“Kami diajari tentang pelayaran. Setelah teori, kami langsung praktik. Kita diajari cara anak pelayaran saat memadamkan api di kapal,” tutur Asdar.

Peserta juga diajari cara penyelamatan diri dari kapal saat darurat. Kegiatan tersebut menambah pengetahuan nelayan yang bermukim di pesisir Maros.

Baca juga : Duka Warga Pesisir Rindu Air Bersih, Ketua GP Ansor Maros Angkat Suara

Nantinya, peserta yang telah mengikuti diklat akan diberikan sertifikat sebagai bukti, pernah dan resmi mengikuti kegiatan tersebut.

“Sertifikat ini sangat bermanfaat bagi kami. Nelayan sudah bisa dipercaya menjadi nahkoda kapal. Tidak perlu diragukan lagi kemampuannya,” jelas Asdar.

Koordinator Aksi dari Dinas Perikanan Kabupaten Maros, Abdul Rahman, S.Pi mengatakan, diklat ini bertujuan untuk pembinaan atau pemberdayaan warga nelayan Maros, khususnya di wilayah pesisir Kecamatan Bontoa.

“Kegiatan ini sangat positif bagi nelayan kita, sebab, setelah mengikuti diklat ini mereka mendapatkan pengetahuan tentang ilmu kelautan dan pelayaran,” ujar Rahman.

Rahman berharap agar kehidupan nelayan Maros, bisa lebih baik dari sekarang setelah mengikuti kegiatan ini. Program ini sifatnya berkelanjutan, dan semoga pihak Kementerian Perhubungan dan PIP Makassar masih memberikan kesempatan kepada warga nelayan Maros kedepan untuk dapat mengikuti kembali diklat yang akan datang. (Aziz)

Check Also

AJD: Soppeng Benteng Pertahanan Budaya Indonesia yang Kekal dan Bersejarah

SOPPENG, KORANMAKASSARNEWS.COM– Festival I La galigo berlangsung sangat luar biasa, dapat berlangsung di tiga lokasi …

Loading...