Home / NEWS / Peringati HUT yang Ke-38, WALHI Sulsel Dorong Pejuang Lingkungan Berada Di Parlemen

Peringati HUT yang Ke-38, WALHI Sulsel Dorong Pejuang Lingkungan Berada Di Parlemen

MAKASSAR,KORANMAKASSARNEWS.COM– Wahana lingkungan hidup Sulsel (WALHI), memperingati hari ulang tahun yang ke-38 tahun, yang di hadiri oleh organisasi masyarakat sipil dan masyarakat kassi-kassi, di kantor WALHI Sulsel, jalan Aroepala, Komplek permata hijau, Sabtu sore (20/10/2018) kemarin.

Dalam sambutan direktur walhi Sulsel, Muhammad Al Amin, menyebutkan, sejak berdiri hingga saat ini, telah banyak capaian-capaian yang di raih oleh Walhi. Tapi, masih banyak pula agenda-agenda besar terkait isu lingkungan yang belum tercapai. Sehingga kata Amin, masih butuh kerja keras untuk mewujudkan lingkungan yang adil dan lestari.

“Enam bulan ke depan, kita sama-sama mendorong pejuang lingkungan di parlemen untuk merubah kebijakan yang pro terhadap lingkungan dan masyarakat. Politik hijau harus menjadi politik alternatif dalam menjawab permasalahan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga : Temui PBHI dan Walhi Sulsel, AMPSB Bahas Aktivitas Perusakan Lingkungan Sungai Bila Sidrap

Sejak tahun 1980, WALHI konsisten dalam memperjuangakan isu-isu lingkungan hidup dan hak-hak masyarakat demi mencapai keadilan ekologis.

Menurut catatan WALHI Sulsel, terkhusus di Sulawesi Selatan, banyak pembangunan infrastuktur dan pembukaan lahan untuk industri ekstraktif yang tidak melibatkan masyarakat. Seharusnya pemerintah melibatkan peran-serta masyarakat setempat dalam setiap proses pembangunan agar agenda perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sesuai amanat Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 dapat terlaksana dengan baik.

Hal tersebut menyebabkan kondisi pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup di Sulawesi selatan sangat buruk. Selain itu, kurangnya pemantauan oleh pemerintah dalam proses pemberian izin dan pasca izin terbit juga menjadi masalah tata kelola sumber daya alam di Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, penting bagi Gubernur baru Sulawesi Selatan untuk memperbaiki tata-kelola sumber daya alam di Sulawesi Selatan, agar ke depannya, keadilan lingkungan dan agenda pembangunan berkelanjutan dapat tercapai.

Menjelang kontestasi politik elektoral di tahun 2019, WALHI Sulsel memandang penting untuk mendorong calon-calon legislatif dan eksekutif yang pro terhadap lingkungan dan rakyat. Besar harapan agar dari pemilihan umum 2019 nanti lahir wakil rakyat dan pemimpin yang siap memperjuangankan isu-isu lingkungan. Oleh karena itu, di hari jadi yang ke-38 ini WALHI Sulsel memilih tema “Memilih keadilan ekologis”. (Wisnu)

Check Also

Perbaharui Pengetahuan dan Skill, MDV Gelar Program UP- Dev Series

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Untuk memperbaharui pengetahuan dan skill di bidang technical programming, Makassar Digital Valley (MDV) …

Loading...