Home / OPINI / Asrul : Semangat Kepahlawanan Harus Tetap Mewarnai Era Perkembangan Sains dan Teknologi

Asrul : Semangat Kepahlawanan Harus Tetap Mewarnai Era Perkembangan Sains dan Teknologi

JAKARTA, KORANMAKASSARNEWS.com — Sumpah Pemuda adalah sebuah histori perjuangan rakyat Indonesia dalam semangat mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari kekuasaan para penjajah. Para Pahlawan berjuang dengan gigih dan berani demi cita-cita kemerdekaan.

Semboyan merdeka atau mati selalu dipekikan dalam perjuangan melawan penjajah. Kekuatan para pahlawan dalam mengusir penjajah terletak pada kekuatan persatuan nasional yakni persatuan bagi seluruh rakyat tanpa adanya stratifikasi klas sosialnya. Semua berjuang untuk bangsa dan negaranya sebagai semangat persatuan para pahlawan.

Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN-LMND), Muhammad Asrul, jelang konsolidasi gerakan Mahasiswa yang digelar dengan tema Platform Gerakan Mahasiswa dalam Situasi ekonomi-Politik Nasional di Studio Sang Akar Jl. Tebet Dalam 1  RT 3 RW 1 Tebet Jakarta Selatan, Minggu (11/11/2018).

baca juga : Peringati 90 Tahun Sumpah Pemuda LMND Gelar Aksi Serentak di 30 Kabupaten Kota Se-Indonesia

Asrul berharap semangat kepahlawanan tetap harus ada pada era perkembangan sains dan teknologi saat ini.

“Seiring perkembangan sains dan teknologi serta tantangan bangsa dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0, maka semangat kepahlawan serta tujuan para pahlawan kemerdekaan dalam mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur perlu tetap dipelihara,” harap Asrul.

Maka, lanjut Asrul, perlu adanya sebuah konsolidasi gerakan mahasiswa di tengah-tengah kondisi ekonomi bangsa yang diperhadapkan dengan ketimpangan sosial, pengangguran, Nilai tukar rupiah yang belum stabil, harga kebutuhan dasar rakyat naik, pendidikan yang semaikn mahal, persoalan kesehatan yang terselesaikan, persoalan ekologi, konflik agrarian, represifitas terhadap gerakan rakyat dan mahasiswa, TKI yang tidak dilindungi oleh negara serta sistem pendidikan yang liberal.

“Situasi ini tidak lepas dari dampak haluan ekonomi liberal-kapitalistik yang masih terus diterapkan di bangsa ini,” pungkasnya.

(junaid ramadhan)

Check Also

Liberalisasi di Sektor pendidikan adalah Bagian dari Liberalisasi Ekonomi, LMND : Kembali ke Pasal 33 UUD 1945

JAKARTA, KORANMAKASSARNEWS.com — Sesuai dengan amanah UUD 1945, bahwa Pendidikan adalah hak segala bangsa: mencerdaskan …

Loading...