Home / INSPIRASI/BIOGRAFI / Zulkifli Thahir, SE Ingin Meneruskan Perjuangan Di Parlemen

Zulkifli Thahir, SE Ingin Meneruskan Perjuangan Di Parlemen

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Mantan aktivis yang juga pengusaha pers, di antaranya pimpinan mingguan Koran Makassar dan online koranmakassarnews.com ini berjanji meneruskan perjuangan di parlemen. Sebab itu, lewat partai besutan Susilo Bambang Yudoyono, Demokrat, pria kelahiran Ujung Pandang, Sulawesi Selatan, 6 Desember 1978 dari pasangan Drs. Muh. Thahir Fatwa, MM dan Syarifa Sutarni Machmud ini, maju sebagai calon legislator Kota Makassar. Partai mercy ini memberi ruang kepadanya mewakili masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) Ujung Pandang, Makassar, dan Rappocini. Dia adalah, Zulkifli Thahir.

Zulkifli Thahir kecil menghabiskan waktunya bersama kedua orang tuanya dan 3 saudaranya, Subhan Milady Thahir, Zulfinnida Thahir dan Zulfiyanti Thahir di Makassar. Setelah mengantongi banyak pengalaman dari berbagai organisasi, kini ia berketetapan hati maju dalam pesta demokrasi lima tahunan, Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan digelar, 17 April 2019.

Semangat berorganisasi dimulai semasa sekolah. Bahkan, aktif dalam berbagai kegiatan diskusi dan organisasi sejak duduk di bangku SMP. Pernah terlibat dalam gerakan mahasiswa reformasi 1998 saat kuliah di STIE Widya Wiwaha Yogyakarta dan Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang, Sumatera Barat.

Zulkifli Thahir juga bergabung dalam community organizer. Di lembaga ini, bersama rekan-rekannya  melakukan proses pemberdayaan politik, hukum, organisasi, dan ekonomi di kalangan pedagang kaki lima, buruh, dan kaum marginal di Kota Padang. Akibat kegiatannya ini pula, dia tidak sempat menyelesaikan kuliahnya di Yogya dan terlambat menyelesaikan studinya di Padang.

Tahun 2007, Abang Chuleq, demikian sapaan suami Fauziah Amir ini, memilih kembali ke tanah kelahirannya, Makassar. Di ibukota Sulawesi Selatan ini,  ia bekerja sebagai staf pengajar di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK), Yayasan Pendidikan Makassar (YAPMA).

Lantaran berjiwa organisatoris, beberapa teman lamanya, mengajaknya bergabung di berbagai organisasi, baik di tingkat kota, maupun provinsi. Bahkan abang Chuleq, selalu masuk di jajaran pengurus.

Sekalipun sibuk berorganisasi, tapi hobby menulisnya pun tak juga ditinggalkan. Bersama sahabatnya, Andi Endre Mallanti Asaad Lantara (alm) dan Rizal Syamsuddin, mendirikan perusahaan media, PT. Koran Makassar Group.

Selain kesehariannya dihabiskan dengan memimpin perusahaan media dan beberapa organisasi, termasuk dipercayakan menjadi Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Selatan, ia tetap aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sebagai sosok muda, sosial, enerjik, dan intelek menjadikan ayah dari Pandji Endriza Putra Thahir dan Prasya Andryerza Putra Thahir  ini, berada dalam komposisi yang kuat untuk memberikan semangat dan harapan baru. Utamanya, jika masyarakat memberi amanah kepadanya duduk sebagai anggota DPRD Kota Makassar, periode 2019-2024. Ia mengusung tagline, Saya Wakilta’, ia meyakini diri.

Baca juga : Zulkifli Thahir Mengulas Peran Media, Mengenal dan Cara Menangkal Berita Hoax

Sebelum memutuskan maju sebagai calon anggota DPRD Kota Makassar, Zulkifli Thahir bukanlah orang yang awam dengan dunia politik. Wakil Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Cabang Partai Demokrat Kota Makassar ini, telah berkecimpung di dunia politik sejak dibangku kuliah. Terakhir, menjabat sebagai sekretaris tim pemenangan pasangan calon Walikota – Wakil Walikota Makassar periode 2018 – 2023 usungan Partai Demokrat di Pilkada Kota Makassar 2018.

Staf Financial Consultant di Bank Internasional Indonesia Cabang Makassar tahun 2007 ini, pertama kali di dunia politik saat menjadi Ketua Sayap Partai Demokrat, khususnya Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI) Kota Makassar. Lalu menjabat sebagai anggota Bapilu Partai Demokrat Kota Makassar tahun 2012.

Soal majunya ke parlemen Makassar, dinilai langkah berani. Yakni, menghadang arus besar kepura-puraan yang tengah menjangkiti pemuda dan enggan bergabung dengan partai politik. Melainkan lebih menyukai cara penyampaian aspirasi parlemen jalanan.

Baginya, inilah langkah awalnya sebagai generasi intelektual muda, memulai harapan baru dan semangat baru untuk Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar. Dan, yang lebih penting ia mendapat simpati masyarakat. Tidak lain, karena di setiap kesempatan, ia selalu berada di tengah-tengah masyarakat untuk melihat apa yang dikerjakan dan apa yang dirasakan masyarakat. Di situ, ia hadir untuk mencari jalan keluarnya.

Sebelum itupun, Zulkifli juga telah mewakili beberapa organisasi dalam event nasional. Dari sinilah pula, bakat diplomasi dan kemampuan membangun jaringan semakin diasah. Sebab itu, keputusannya terjun ke dunia politik, bukanlah keputusan tanpa pertimbangan.

Kesadaran politik, serta keberanian memikul tanggung jawab sebagai pemimpin, harus dimulai sedari dini. Ia begitu mahfum bahwa, generasi muda adalah wajah masa depan suatu bangsa. Karenanya, kehadiran di DPRD Kota Makassar sebagai ajakan dan contoh bagi generasi muda untuk mau terjun dalam segala bidang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keberadaan generasi muda, adalah untuk berbuat. Membuktikan kata-katanya dengan perbuatan yang berguna. Dengan fokus dan kemampuan diplomasi, serta komunikasi yang piawai, Zulkifli Thahir memang sedari awal ingin mengabdikan diri menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Makassar. Semangat kepemudaan dan keberanian yang patriotik merupakan prinsip yang akan dibawanya nanti dalam tugasnya sebagai wakil rakyat. Dengan demikian, maka  tagline, Saya Wakilta’ yang diusungnya bakal mendapat simpati masyarakat.

Apalagi, Ketua OKK MPW Pemuda Pancasila Sulsel ini, sangat aktif berinteraksi dengan masyarakat. Baginya, ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa, kehadirannya di parlemen nanti, merupakan angin segar dan harapan baru. Sebab, anggota dewan bukan lagi pejabat yang sulit dijangkau dan dihubungi.

Konsistensinya dalam menyediakan jalur komunikasi dua arah kepada masyarakat ini dibuktikannya dengan Zulkifli Thahir (ZT) Center yang telah berdiri semenjak dimulainya masa kampanye hingga kini di Kota Makassar. (*)

VISI

Bersama rakyat berperan mewujudkan keinginan luhurnya agar mencapai pencerahan dalam kehidupan bermasyarakat yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Menjunjung tinggi semangat nasionalisme, humanisme atas dasar ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa

MISI

  1. Memberikan garis yang jelas, agar wakil rakyat Partai Demokrat berfungsi secara optimal dengan peranan yang signifikan di dalam seluruh proses pembangunan yang dijiwai oleh semangat reformasi, serta pembaharuan dalam semua bidang kehidupan masyarakat.
  2. Meneruskan aspirasi rakyat dalam melanjutkan dan merevisi strategi pembangunan Kota Makassar 5 tahun ke depan
  3. Memperjuangkan tegaknya persamaan hak dan kewajiban rakyat tanpa membedakan ras, agama, suku dan golongan dalam rangka menciptakan masyarakat sipil (civil society) yang kuat, otonomi daerah yang luas, serta terwujudnya representasi kedaulatan rakyat pada struktur lembaga perwakilan dan permusyawaratan yakni DPRD Kota Makassar

Informasi Personal

Nama Lengkap : Zulkifli Thahir, SE

Lahir : Makassar, 6 Desember 1978

Agama : Islam

Nama Ayah : Drs. Muh. Thahir Fatwa, MM

Nama Ibu : Syarifa Sutarni Machmud

Nama Isteri : Fauziah Amir

Nama Anak : Pandji Endriza Putra Thahir dan Prasya Andryerza Putra Thahir

Riwayat Pendidikan

TK Aisyiyah Bustanul Athfal Layang Utara Kota Makassar lulus tahun 1985

SD Negeri Baraya I Kota Makassar lulus tahun 1991

SMP Negeri 6 Kota Makassar lulus tahun 1994

SMA Negeri 5 Kota Makassar lulus tahun 1997

STIE Widya Wiwaha Yogyakarta 1997 – 1998

Univeristas Ekasakti Padang lulus tahun 2004

Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia Makassar 2012

Riwayat Pekerjaan

  1. Jaya Mulia Perkasa Padang, sebagai staf HRD tahun 2002
  2. Wahana Sakti Nusantara Padang, sebagai Dirut tahun 2003

Bank Internasional Indonesia Cabang Makassar, sebagai Staf Financial Consultant tahun 2007

  1. Pan Pasific International Futures Cabang Makassar, Staf Marketing tahun 2007

AMIK YAPMA Makassar, sebagai Staf Pengajar tahun 2008 – 2011

CV Dwi Putra Pratama, sebagai Dirut. tahun  2010 hingga sekarang

  1. Koran Makassar Group, sebagai Dirut tahun 2011 hingga sekarang

 Informasi Kepartaian :

Anggota Bapilu DPC Partai Demokrat tahun 2011

Wakil Ketua KPPC Partai   Demokrat Kota Makassar 2017

Caleg DPRD Kota Makassar periode 2019 – 2024

Dapil   I  (Kec. Ujung Pandang, Kec. Makassar, Kec. Rappocini)

Nomor Urut 3

Riwayat Organisasi

-Gerakan Pramuka (1990)

-IPM Cabang Bontoala Makassar (1993)

-OSIS SMPN 6 Makassar (1993)

-OSIS SMAN 5 Makassar (1995)

-BEM SMPT UNES-AAI Padang (2000)

-HIPMASS (Himp. Pelajar Mahasiswa Sulsel) Sumatera Barat (2002)

-Sapma Pemuda Pancasila Kota Padang (2000)

-IMM Kota Padang (2000)

-LMR RI Sumbar (2004)

-Forkas Sumbar (2004)

-KNPI Kota Padang (2004)

-LMR RI Sulsel (2007)

-Pemuda Muhammadiyah Cab. Bontoala (2007)

-PMI Kec. Tallo (2007)

-DPC Partai Demokrat Kota Makassar (2007)

-PWNI Sulsel (2009)

-DPC IMDI Kota Makassar (2011)

-Lembaga Pengusaha Pemuda Pancasila Sulsel (2012)

-MPW Pemuda Pancasila Sulsel (2012)

-DPC AKAINDO Kota Makassar (2015)

-POBSI Sulsel (2015)

-BPD HIPMI Sulsel (2016)

-DPD KNPI Sulsel (2016)

-DPW LIRA Sulsel (2017)

-PERTINA Sulsel (2017)

-PW IWO Sulsel (2017)

-IKA SMA Negeri 5 Makassar (2017)

Check Also

Anas Sibadu Terpanggil Kembali Membangun Kampung Kelahiran Tercinta Kab. Barru

BARRU, KORANMAKASSARNEWS.com — Kabupaten Barru yang berada di bagian barat daratan Pulau Sulawesi sekitar kurang …

Loading...