Home / SEJARAH / 16 November 1904 : John Ambrose Fleming menciptakan Tabung Vakum

16 November 1904 : John Ambrose Fleming menciptakan Tabung Vakum

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Dalam elektronika, sebuah tabung vakum adalah sebuah alat yang biasanya digunakan untuk menguatkan sinyal. Dahulu digunakan di banyak alat-alat elektronik tetapi kini tabung vakum hanya digunakan dalam aplikasi khusus.

Untuk banyak tujuan, tabung vakum telah diganti oleh transistor yang murah dan jauh lebih kecil, baik sebagai alat terpisah maupun dalam sirkuit terpadu. Pada awal abad ke-21 muncul kembali kesukaan terhadap tabung vakum, kali ini dalam bentuk tabung mikro field-emitter.

Tabung vakum pertama diciptakan oleh John Ambrose Fleming pada tanggal 16 November tahun 1904.

Baca juga : 15 November 1945 : Cikal Bakal Berdirinya Korps Marinir TNI AL

Sir John Ambrose Fleming (lahir di Lancaster, Lancashire, 29 November 1849 – meninggal di Sidmouth, Devon, 18 April 1945 pada umur 95 tahun) adalah seorang ahli rekayasa listrik dan fisikawan Inggris. Ia pernah menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi, termasuk Universitas Cambridge, Universitas Nottingham, dan University College London.

Pada tahun 1892 ia mempersembahkan sebuah makalah penting mengenai teori transformator listrik kepada Institution of Electrical Engineers (Institusi Perekayasa Listrik) di London. Tahun 1904 ia menciptakan dan mematenkan pengubah arus (rectifier) bertabung vakum dwielektroda yang ia beri nama oscillation valve.

Penemuan ini sering disebut sebagai asal mula elektronika sebab merupakan tabung vakum pertama. Fleming juga mempunyai sumbangsih dalam bidang fotometri, telegrafi nirkabel (radio), serta pengukuran listrik. Ia dianugerahi gelar Sir pada tahun 1929 dan meninggal dunia di Devon pada tahun 1945. (sumber : wikipedia)

Check Also

19 Januari 1795 : Republik Batavia Diproklamirkan di Belanda, Mengakhiri Republik Tujuh Belanda Bersatu

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Republik Batavia (bahasa Belanda: Bataafse Republiek) adalah nama suatu republik yang didirikan di …

Loading...