Home / DAERAH / Cegah Pelanggaran, Bawaslu Parepare Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Cegah Pelanggaran, Bawaslu Parepare Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

PAREPARE, KORANMAKASSARNEWS.COM– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare, menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Hotel Pare Wisata.

Kegiatan ini di hadiri Kepala Sekretariat Bawaslu Sulsel, Sudirman Rahim, Ketua Bawaslu Parepare, Zainal Asnun bersama Komisioner Bawaslu Parepare, Ihdar dan Nur Islah.

Hadir pula sebagai peserta di antaranya, tokoh masyarakat, agama, tokoh pemuda, mahasiswa, LSM dan Pers, Selasa (9/4/2019).

Adapun sebagai pemateri, Anggota DKPP Bawaslu RI, Prof. DR. Muhammad, mengangkat tema Peran DKPP dalam Penegakan Kode Etika Penyelenggara Pemilu, serta Mendorong Pemilu yang Berintegritas. Materi lainnya, yakni Tata Cara Melaporkan Dugaan Pelanggaran, yang akan di bawakan oleh Komisioner Bawaslu Parepare.

Kepala Sekretariat Bawaslu Parepare, Ismail Yusuf mengatakan, Pemilihan Legislatif (Pileg), serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, telah berjalan dengan berbagai tahapan, sehingga Bawaslu melakukan pengawasan, pencegahan, dan penanganan pelanggaran Pemilu. Salah satunya, yaitu untuk mengurangi pelanggaran Pemilu dengan melakukan sosialisasi, baik dalam bentuk kegiatan, maupun dalam bentuk penyebaran selebaran dan informasi melalui Masjid.

Baca juga : Ribuan Detonator Diamankan Polres Parepare

Lebih lanjut Ismail mengemukakan, adapun latar belakang kegiatan tersebut, di antaranya, memberi motivasi dan meningkatkan motivasi kepada masyarakat, tentang aturan-aturan kepemiluan. Selain itu, memberikan informasi kepada masyarakat tentang strategi pencegahan pelanggaran Pemilu, terutama politik uang, serta membangun hubungan harmonis dengan jajaran Bawaslu, Panwaslu, pengawas Pemilu Kelurahan, serta berbagai elemen masyarakat. Adapun, anggaran kegiatan ini berasal dari APBN Hibah Bawaslu Provinsi Sulsel tahun 2019.

Sementara, Ketua Bawaslu Parepare, Zainal Asnun menjelaskan, tujuan kegiatan ini, di laksanakan karena Bawaslu Parepare menganggap perintah undang-undang merupakan kewajiban partisipatif, dengan merangkul masyarakat dari berbagai elemen. Kami mengharapkan dapat menjalin sinergitas, supaya pemilu aman tertib jujur dan adil. Di satu sisi, kami juga berharap kritik, saran, masukan dan bantuan dari masyarakat untuk menyukseskan pengawasan pemilu.

“Salah satu langkah yang telah yang telah di lakukan Bawaslu Parepare dalam memaksimalkan fungsi pengawasan, yaitu melantik pengawas pada semua TPS yang ada di Parepare, mulai bekerja 23 hari sebelum pencoblosan, dan seminggu setelahnya, serta telah melakukan rapat koordinasi dengan para peserta Pemilu. Oleh karena itu, kami mengharap dukungannya untuk bersama-sama berperan aktif dan berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu,” katanya. (Sis)

Check Also

Bupati Wajo : Ilmu Adalah Modal Utama yang Paling Berharga

WAJO, KORANMAKASSARNEWS.COM — Acara penamatan dan pelepasan Kelas XII UPT satuan pendidikan SMA 3 Wajo …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.