Home / DAERAH / Curah Hujan Meningkat, Barru Kembali Dilanda Banjir

Curah Hujan Meningkat, Barru Kembali Dilanda Banjir

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Sekira pukul 07.20 Wita, banjir yang di akibatkan intesitas hujan deras sehingga menyebabkan sungai Ralla dan sungai Lisu meluap di Pemukiman Desa Ralla kelurahan Lompo Riaja kecamatan Tanete Riaja kabupaten Barru provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (22/01/2019) Pagi tadi.

Kronologis kejadian, sekira pukul 02.00 Wita, terjadi hujan deras di Kec. Tanete Riaja dengan intensitas tinggi, akibatnya air meluap ke permukiman warga dan badan jalan. Ketinggian air meningkat kurang lebih 50 Cm.

Debit air meningkat mencapai kurang lebih 1 meter sehingga Jl. Poros Pekkae Kab. Barru – Kab. Soppeng tdk bisa dilalui oleh Kendaran Roda empat maupun roda dua dan menggenangi pemukiman Warga.

Beberapa titik yang terendam air banjir yakni, di Dusun Ralla Setinggi Kurang lebih 1 Meter (Pinggang Org Dewasa), Dusun Lisu Desa Lompo Tengah Air sudah meluap ke jalan poros Pekkae Kab. Barru – Kab. Soppeng kurang lebih 1 Meter.

Baca juga : Bantu Korban Bencana Banjir, BPD PHRI Sulsel & IHGMA Sulsel Gowes Ke Barru

Akibat dari kejadian tersebut, Korban Jiwa : Nihil, Kerugian Materil : 23 rumah warga, satu (1) bangunan Mesjid (Mesjid Ralla), Polides Ralla, Persawahan Warga kurang lebih dua (2) Hektar dan satu (1) bangunan SD Ralla di Kec. Tanete Riaja terendam banjir setinggi kurang lebih 1 Meter.

Langkah Pemerintah Kecamatan Tanete Riaja saat ini adalah melaksanakan kordinasi dengan aparat terkait untuk mengatisipasi bencana banjir dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai apabila debit air meningkat agar mengunsi ketempat yang lebih aman.

Hingga saat ini, tim BPBD Kab. Barru melaksanakan siaga, kemungkinan adanya debit air meningkat apabila hujan terus menerus mengguyur wilayah Kab. Barru. Dan saat ini Kondisi Warga setempat masih tetap memilih bertahan di rumah masing-masing sebab, melihat kondisi air sudah mulai surut tapi, hujan belum reda dan hujan belum berhenti.

Mayoritas warga Dusun Ralla Kec. Tanete Riaja memiliki rumah Panggung sehingga warga masih memilih untuk bertahan. (*)

Check Also

Terpilih Sebagai Pemenang, Galung Maloang Mewakili Parepare di Pekan Inovasi Nasional

JAKARTA, KORANMAKASSARNEWS.COM — Terpilih sebagai pemenang Desa dan Kelurahan tahun 2019 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan …

Loading...