Home / EDUKASI / Dinas Ketahanan Pangan Torut Lakukan Edukasi Pemanfaatan Sampah Plastik

Dinas Ketahanan Pangan Torut Lakukan Edukasi Pemanfaatan Sampah Plastik

TORUT, KORANMAKASSARNEWS.com — Dinas Ketahanan Pangan Torut Kerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian kecamatan Sopai dan Bhabinkamtibmas Polsek Sopai lakukan edukasi pemanfaatan limbah sampah plastik menjadi media pembibitan dan media tanam.

Buah kerja inovasi dari balai penyuluhan pertanian kecamatan Sopai dan Bhabinkamtibmas Polsek Sopai Polres Tana Toraja ini membuahkan harapan.

Sebelumnya , balai penyuluhan pertanian kecamatan Sopai dan Bhabinkamtibmas Polsek Sopai telah melakukan sebuah langkah terobosan dengan membuka lahan perkebunan percontohan bibit tomat unggul dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di depan kantor Polsek Sopai dan sebagian lagi lahan yang dipinjam dari keluarga bapak Lande.

Rupanya terobosan ini ditanggapi positif dan ditindak lanjuti oleh Pemkab Toraja Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan.

berita terkait : Penyuluhan Binmas di Rantekarua Kab. Toraja Utara, Bhabinkamtibmas Gandeng Babinsa dan BKKBN

Seperti terlihat pada Minggu, (30/6/2019), di saat di tempat lain “sibuk dengan urusan Judi Sabung Ayam “, justru di diwilayah Sopai terjadi kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan bersama Bhabinkamtibmas Polsek Sopai, Brigadir Polisi Syah Nurhaq dan bapak. Hendrik Tumangke yang merupakan PHT di balai penyuluhan pertanian kecamatan Sopai kabupaten Toraja Utara sekaligus menjadi pendamping Kelompok Tani Wanita (KWT) lembang Nonongan membuat rumah bibit.

Rumah bibit ini dibangun di lokasi kebun percontohan sebagai pengembangbiakan bibit unggul tanaman lombok Katokkon dan tomat di lembang Nonongan kecamatan Sopai kab. Toraja Utara dengan memanfaatkan limbah plastik bekas minuman menjadi media pembibitan dan media tanam.

Dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi produk yang mempunyai manfaat lebih akan bisa mengurangi banyaknya limbah di sekitar kita dalam hal ini adalah sampah, terutama limbah plastik yang susah untuk terurai dan butuh waktu lama untuk bisa hancur.

Kepala dinas ketahanan pangan ibu Ir. Barnetje S. Toban sangat mendukung terobosan kolaborasi ini yang berusaha menggali ide-ide kreatif untuk memanfaatkan limbah plastik menjadi barang yang punya manfaat lebih dan lebih berguna, dengan memanfaatkan limbah plastik yang ada di sekitar kita yang terbuang begitu saja. Dari pemanfaatan limbah ini tentunya modal yang akan kita keluarkan juga akan semakin kecil.

Adapun Lahan yang dijadikan sebagai lokasi kebun percontohan itu berada sekitar 20 meter di belakang kantor lembang Nonongan tepatnya di dusun Nonongan, lembang Nonongan, kecamatan Sopai, kabupaten Toraja utara.

Adapun dukungan dari Kepala kecamatan Sopai Bpk. Marten Panggalo, SE dan kepala lembang Nonongan Bpk. Ibrahim Lapu sangat menyambut baik kegiatan ini.

“Hal hal positif harus dibangun dan berani untuk kita lakukan, tidak ada kata terlambat selama kita masih memiliki tekad kuat untuk mewujudkannya,” kata Brigpol Syah Nurhaq.

Tidak ketinggalan apresiasi dari Kapolres Tator terhadap kinerja dari anggota Bhabinkamtibmasnya ini.

“Salut atas dedikasi bapak Brigadir Polisi Syah Nurhaq, jalin terus kemitraan kita dengan semua pihak dalam bingkai Lumbung Kemitraan Polisi dan Masyarakat, jangan cepat puas terhadap hasil yang sekarang, teruskan dan tetap semangat dalam bertugas,” kata AKBP Julianto P.Sirait. (diskominfo torut)

Check Also

Mapala Cakrabuana UMI Bakti Lingkungan Seminggu di Maros

MAROS, KORANMAKASSARNEWS.COM – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Cinta Kreativitas Bumi Alam Nusantara (Cakrabuana) selama kurang …

Loading...