Home / HUKUM & KIRIMINAL / Disperindag Layangkan Teguran Pertama, Pengusaha Miras Vinyard Cafe dan Vanes Tidak Peduli

Disperindag Layangkan Teguran Pertama, Pengusaha Miras Vinyard Cafe dan Vanes Tidak Peduli

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Sepertinya pihak pengusaha yang menjual dan menyiapkan tempat mengkonsumsi Miras di mall-mall Makassar tidak peduli dengan surat teguran yang di keluarkan Disperindag kota Makasar, terbukti setelah surat teguran pertama di layangkan vinyard cafe di mall dan vanes di trans mall masih saja beroperasi hingga beberapa hari lalu padahal mereka ini jelas jelas melanggar Perda bahkan Portico dan Pizza e Birra sepertinya malah lolos dari surat teguran tersebut.

Demikian diungkapkan Ketua Brigade Muslim Indonesia (BMI), Muhammad Zukifly kepada koranmakassarnews.com, Senin (10/2/2020).

“Kami juga menyesalkan pihak dinas perizinan yang telah mengeluarkan izin penjualan Minol untuk dikonsumsi di tempat kepada Kafe Vinyard di Mall Panakukang, padahal jika kita mengacu kepada Peraturan Presiden No. 74 tahun 2013 tentang pengendalain dan pengawasan minuman beralkohol dan Perda Kota Makassar No. 4 tahun 2014, maka menurut kami pemerintah kota tidak boleh menerbitkan izin Minol untuk café,” ungkap Zul.

Begitu pula dengan vanes di Trans Mall yang memiliki izin bar, lanjutnya, selain melanggar Perda tentang waktu menjual, saya rasa mall di makasar janganlah dikategorikan sebagai THM.

“Untuk itu kami kembali mengingatkan pihak pemerintah kota Makasar untuk tegas menindaki para pengusaha Miras yang dinilai telah melanggar Perda, jangan sampai masyarakat menganggap bahwa pemerintah kota Makasar ikut ambil bagian dalam usaha merusak etika moral anak Makassar, mengingat cafe adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi anak muda, sementara mall adalah tempat yang sering dikunjungi seluruh kalangan mulai anak-anak hingga orang dewasa,” tambahnya.

Selain itu, Zulkifly juga meminta kepada Wali Kota Makassar agar mengevaluasi kinerja pejabat yang menangani perizinan di kota Makassar.

baca juga : Menyoal Penjualan Miras di Mall, Ini Tanggapan Ketua BMI Terkait Pernyataan Asisten 1 Kasatpol PP Kota Makassar

“Kami meminta kepada bapak wali kota Makasar untuk mengevaluasi kadis perizinan mengenai penerbitan izin Minol untuk Kafe Vinyard karena jika kita mengacu kepada Peraturan Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif No. 10 tahun 2014 tentang standar usaha cafe bab 1 pasal 1 dijelaskan dengan tegas bahwa CAFE ADALAH tempat usaha menjual makanan ringan dan minuman ringan, ini berarti cafe tdk boleh menjual Miras,” tegasnya.

Editor : Junaid Ramadhan

Check Also

Operasi Gaktib dan Yustisi Resmi Digelar di Wilayah Kodam Hasanuddin

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E, memimpin Upacara Pembukaan Operasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.