Home / EDUKASI / Dua Kader Cakrabuana UMI berlatih Pemetaan dan Susur Gua di Tasikmalaya

Dua Kader Cakrabuana UMI berlatih Pemetaan dan Susur Gua di Tasikmalaya

Asryadi Jaiz dan Onasis Gibran

TASIKMALAYA, KORANMAKASSARNEWS.COM – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Cinta Kreativitas Bumi Alam Nusantara (Cakrabuana) Brigade 031 UMI mengutus dua kadernya untuk berlatih Ilmu Speleologi atau ilmu tentang pemetaan dan susur gua (Caving) di Tasikmalaya.

Dua orang tersebut yakni Onasis Gibran dan Asryadi Jaiz. Keduanya adalah mahasiswa Teknik Sipil UMI angkatan 2016. Selama seminggu sejak 28 April sampai 4 Mei 2019, mereka aktif mengikuti materi pada program Kursus Dasar dan Kursus Lanjutan (KDKL) Nasional Teknik Penelusuran Gua yang diadakan Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia (HIKESPI) itu. Kegiatan ini disupport Mapala Parahita Universitas Perjuangan.

Onasis Gibran mengatakan selama seminggu mereka dilatih langsung di lapangan oleh para ahli Speolologi. Ada dua gua tempat pelatihan yakni Gua Cigeurewik dan Gua Gajah yang berada di kawasan Karst Kecamatan Cibalong Tasikmalaya.

“Kami dibagi dua kelompok dan dilatih langsung dalam gua. Salah satu pelatih adalah Bang Muchsin Hidayat, salah satu dari 5 ahli perintis Ilmu Speleologi pertama di Indonesia,” kata Onasis.

Beberapa materi yang diberikan di antaranya, Introduksi Speleologi, Pengenalan alat penelusuran gua, pengenalan alat mapping (pemetaan) dan teknik pengambilan data peta gua, pengenalan potensi wisata gua dan fotografi gua, serta materi Rescue.

Cakrabuana UMI merupakan organisasi pecinta alam khusus bagi mahasiswa jurusan Teknik Sipil UMI yang telah eksis selama 17 tahun.

Ketua Umum mapala Cakrabuana UMI, Jamil Pratama, menuturkan kehadiran kedua anggota Cakrabuana dalam pelatihan itu untuk meningkatkan kapasitas anggota dalam bidang kepecintaalaman khususnya terkait Susur Gua.

“Ini bagian dari program untuk meningkatkan kapasitas anggota. Selain bidang kepecinta-alaman pelatihan ini juga sesuai dengan disiplin ilmu sebagai mahasiswa Teknik Sipil,” ungkap Jamil.

Check Also

Kepsek SDI Pannampu III : Jumlah Pendaftar di Sekolah Ini Terus Meningkat

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM – SD Inpres Panampu III, di jalan Tinumbu lorong 163 C. kini telah …

Loading...