oleh

Ketum BPP Gapensi, Andi Rukman Nurdin Karumpa Akan Fokus Pada Diklat Berkelanjutan

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Musyawarah Nasional (Munas) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) ke XV Tahun 2024 yang digelar selama 2 hari Birawa Assembly Hall, Bidakara, Jakarta, menetapkan dan memilih Ketua Umum Andi Rukman Nurdin Karumpa (ARN) periode 2024-2029.

Sekjen BPP Gapensi 2019-2024 ARN meraih 89 suara voters, sedangkan rivalnya Agus Gendroyono (AG) meraih 86 suara dari total suara sah 175 voters. Perhitungan suara dilaksanakan di hari kedua Munas pada kamis (6/6/24).

Diketahui Munas yang digelar setiap 5 tahun sekali tersebut dihadiri oleh 35 BPD se Indonesia dan dibuka secara langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, rabu (5/6/24).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) sebagai salah satu mitra strategis Kementerian PUPR dalam pembangunan infrastruktur nasional dapat terus berperan aktif dalam meningkatkan kinerja industri konstruksi.

“Pertama dalam memberdayakan usaha kecil di sektor jasa konstruksi. Dengan Inpres Jalan Daerah dan Inpres Air Minum dan Sanitasi, semua kita peruntukan untuk pengusaha-pengusaha daerah dengan menggunakan e-katalog. Kita rasakan dengan e-katalog hasilnya jauh lebih baik karena yang terpilih adalah yang benar-benar mempunyai kemampuan yang real,” ujar Basuki.

Hasil penghitungan suara Caketum di Munas Gapensi XV

Dalam pidato penutupan Munas pada Jumat (7/6/2024), ARN menekankan tanggung jawab besar yang diemban dalam posisi barunya.

“Saya menyadari bahwa peran ini penuh dengan tantangan, namun dengan kerja keras dan ikhtiar kebersamaan, saya yakin kita bisa mewujudkan visi dan misi besar untuk membawa Gapensi dan industri konstruksi Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujarnya di hadapan 35 Badan Pengurus Daerah (BPD) Gapensi seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (7/6).

ARN juga berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara Gapensi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Ia menekankan pentingnya menciptakan iklim usaha yang kondusif dan berkelanjutan bagi industri konstruksi.

“Sinergi antara kita semua adalah kunci untuk menjawab tantangan industri konstruksi yang semakin kompleks,” tambahnya.

Pendidikan dan pelatihan berkelanjutan menjadi fokus utama kepengurusan Gapensi lima tahun ke depan. ARN menegaskan pentingnya kompetensi dan keterampilan pekerja untuk menghadapi dinamika industri yang terus berkembang.

“Dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kita akan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” kata mantan Sekretaris Jenderal Gapensi periode 2019-2024 ini.

baca juga : HBH IKA SMAN 5 Makassar, ARN: Momentum Eratkan Silaturahmi dan Persaudaraan Sesama Alumni

Selain itu, ARN menekankan pentingnya inovasi dan kolaborasi untuk kemajuan Gapensi ke depan. “Gapensi harus menjadi motor penggerak utama dalam menciptakan kualitas dan daya saing konstruksi nasional. Dengan kerja keras dan sinergi, kita bisa membawa industri konstruksi Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi,” tegasnya.

Dalam pidatonya, ARN juga mengucapkan terima kasih kepada Agus Gendroyono atas persaingan yang sehat dan konstruktif selama pemilihan.

“Saya menghargai dedikasi, ide-ide, dan semangat yang adinda Agus Gendroyono tunjukkan. Saya berharap kita dapat terus bekerja sama dan saling mendukung demi kemajuan industri konstruksi Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Taufik Wijoyono, dan Ketua Umum BPP GAPENSI Iskandar Z. Hartawi. (*)

 

Komentar