Home / NEWS / Kyai Gufron: Pembubaran FPI Bukti Pemerintah Tak Takut Ormas

Kyai Gufron: Pembubaran FPI Bukti Pemerintah Tak Takut Ormas

JAKARTA, KORANMAKASSARNEWS.COM — Relawan Jokowi atau RèJO Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kyai Ahmad Gufron, menilai, langkah pemerintah yang melarang dan membubarkan organisasi Front Pembela Islam (FPI) langkah tepat.

Menurut kyai Gufron, langkah tersebut merupakan bukti nyata jika pemerintah tidak takut oleh organisasi apapun.

Apalagi, kata dia, selama ini FPI dinilai cenderung melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam dan melanggar Undang-undang (UU).

“ReJO mendukung sikap tegas pemerintah terkait pembubaran FPI tersebut. Setiap organisasi di Indonesia seharusnya mengamalkan nilai-nailai Pancasila. Jadi pembubaran FPI itu sudah tepat,” ujarnya dalam pesan singkat Rabu 30 Desember 2020.

Dijelaskan Gufron, bagi negara membubarkan suatu organisasi sangatlah mudah.  Namun, negara punya kewajiban untuk bertanggung jawab terhadap anggota ormas itu kembali kepada ideologi pancisila secara benar.

“Negara harus mengawasi dan melakukan pembinaan terhadap anggota ormas itu. Negara harus benar-benar hadir dan memfasilitasi soal ini. Sehingga, mereka bisa kembali ketengah-tengah masyarakat dengan benar,” ujarnya.

Masih menurutnya, membuat organisasi atau berserikat harus tetap mematuhi UU yang ada di Indonesia. Jika, tidak sesuai tentu pemerintah akan mengambil sikap tegas salah satunya membubarkan organisasi itu.

“Bahwa kebebasan berkumpul tersebut tentunya tetap harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak bertujuan untuk merusak tatanan bangsa. Apalagi memaksakan kehendak serta melakukan kegiatan yang mengarah kepada disintegrasi bangsa dan tindakan terorisme,” pungkasnya.

Check Also

Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Cek Pengamanan Pelabuhan Penyeberangan Jelang Malam Tahun Baru

JAKARTA, KORANMAKASSARNEWS.COM — Pengamanan Nataru tahun 2020 sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenankan berlangsung dalam …