Home / INSPIRASI/BIOGRAFI / Lantamal VI dan TVRI Angkat Kisah Inspiratif Daeng Abu Lestarikan Penyu

Lantamal VI dan TVRI Angkat Kisah Inspiratif Daeng Abu Lestarikan Penyu

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) bersama TVRI Makassar melaksanakan aksi peduli lingkungan dengan pelepasan anak penyu di pulau Cangke Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam menjaga kelestarian hidup Penyu, Selasa kemarin (03/09/2019).

Selain melepas anak penyu Lantamal VI bersama TVRI mengangkat kisah nyata inspiratif sebagai penjaga pulau yang konsisten selama berpuluh-puluh tahun menjaga habitat penyu di pulau Cangke, hal ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat luas.

Daeng Abu namanya,usia 87 tahun, menjaga pulau tersebut dari tahun 1972 . Dia memiliki keterbatasan fisik, matanya buta dan istrinya mengalami masalah pendengaran, tinggal berdua di pulau tersebut menjadi penjaga pulau Cangke ini selama berpuluh-puluh tahun tanpa listrik. Mereka menjalani kehidupannya serba terbatas menjaga pulau tempat konservasi penyu dengan mengawasi kehidupan penyu-penyu yang ada di pulau tersebut.

Menurut Perwira Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal VI Mayor Marinir Zazat Sudrajat, dirinya bersama dengan tim dari TVRI Makassar yang telah berada selama 2 hari mulai dari hari Senin tanggal 02 September s.d. Selasa tanggal 03 September 2019 menggunakan KAL Birang II.6-61 di pulau Cangke Kabupaten Pangkep ini telah merekam gambaran kehidupan sehari-hari dari Daeng Abu.

Warga seperti Daeng Abu yang tinggal di pulau ini memang perlu mendapat perhatian, apalagi dirinya memiliki keterbatasan fisik sebagai penjaga kelestarian kehidupan salah satu hewan laut yang langka seperti penyu. Hal ini mendorong Lantamal VI bersinergi TVRI Makassar akan mengangkat kisahnya agar menjadi inspirasi dan memberi edukasi kepada masyarakat yang lebih luas akan kelestarian lingkungan khususnya habitat laut.

Baca Juga : Hari Ibu, Sitti Maryam: Perempuan Inspirator Bagi Sesama

“Pada kesempatan ini, Lantamal VI dan TVRI merekam kehidupan Daeng Abu untuk disiarkan di TVRI agar masyarakat luas dapat menyaksikan perjuangan Daeng Abu dalam menjaga pulau Cangke agar tetap menjadi sarang kehidupan biota laut yang langka tersebut”, tambahnya.

Sebelum meninggalkan pulau tersebut, Lantamal VI beserta TVRI Makassar memberikan Tali asih berupa bantuan sembako yang diberikan sebagai bentuk kepedulian akan kehidupan warga tersebut dalam menjaga pulau yang menjadi salah satu tempat konservasi penyu yang berada di kabupaten Pangkep provinsi Sulsel ini. (*)

Check Also

Tenri A Palallo, Meniti Tawa Untuk Perempuan dan Anak Makassar

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com – Dengan gayanya yang lugas dan blak-blakan, Tenri A Palallo meladeni pertanyaan wartawan …

Loading...