Home / EDUKASI / Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring
BASO,S.Ag., M.Pd.I., Guru SDN Bulurokeng

Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring

Oleh : BASO,S.Ag., M.Pd.I., Guru SDN Bulurokeng

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com — Pada saat ini, pendidikan di Indonesia tidak berjalan seperti biasanya, virus Corona (Covid-19) menyebabkan orang tua harus berperan secara aktif dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya.  Sebagai bagian dari upaya menghentikan penyebaran virus Corona (Covid-19) pemerintah telah mengalihkan kegiatan pembelajaran dari sekolah ke rumah masing-masing siswa. Agar tak disalahartikan sebagai hari libur, siswa pun diberi tugas-tugas pembelajaran agar mereka tetap dalam suasana belajar. Karena itu, para guru diwajibkan mendesain sedemikan rupa tugas-tugas bagi peserta didik selama di rumah.

Dalam pembelajaran online atau daring ini, keluarga mempunyai peran yang sangat penting terhadap minat belajar anak dan keberhasilan belajar murid di sekolah, apabila keluarga khususnya orang tua bersifat merangsang, mendorong dan membimbing terhadap aktivitas belajar anaknya. Hal ini memungkinkan diri anak untuk mempunyai minat belajar dan mencapai prestasi belajar yang tinggi. Sebaliknya, bila orang tua acuh tak acuh terhadap aktivitas belajar anak, biasanya anak kurang atau tidak memiliki semangat belajar, sehingga sulit diharapkan ia dapat berminat terhadap belajar agama dan sulit mencapai prestasi di sekolah secara maksimal.

Seorang anak akan mempunyai minat yang lebih tinggi terhadap pendidikan agama apabila orang tuanya memberikan pendidikan agama di rumah dengan pembiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan menjalankan perturan-peraturan agama. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi minat seseorang salah satunya adalah orang tua. Hal ini juga disebutkan di dalam buku Ahmad Susanto yang berjudul Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar yang mengatakan bahwa pembentukan minat belajar dapat dipengaruhi oleh lingkungan bermain, teman sebaya, pola asuh orang tua merupakan faktor yang dapat mempengaruhi minat seseorang.

Guru perlu membangun komunikasi dengan orang tua/wali murid agar pembelajaran secara daring (online) ini tetap terlaksana secara intens dengan hasil yang tak terpaut jauh dengan pembelajaran tatap muka (di kelas). Selain itu, guru juga harus membawa budaya belajar di sekolah ke dalam rumah (ruang keluarga) para peserta didik. Artinya, dengan berbagai tugas yang disiapkan itu, para guru harus mengondisikan para orang tua siswa seperti halnya di sekolah, yakni melaksanakan kegiatan pembelajaran dari pukul 07.00 sampai pukul 16.00. Jika ini terkondisikan secara baik, akan membawa peserta didik ke dalam suasana pembelajaran di lingkungan sekolah. Hal seperti itulah yang perlu dikomunikasikan dengan orang tua siswa.

BACA JUGA : Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Didik

Para orang tua siswa perlu memahami bahwa anak mereka tetaplah harus konsentrasi pada proses pembelajaran yang tengah berlangsung. Di sinilah dukungan dan pengertian para orang tua sangat dibutuhkan. Dari sini juga akan diketahui bagaimana seharusnya orang tua memberikan pendidikan kepada anak sekaligus memahami apa saja yang menjadi tugas para guru. Karena itu, orang tua juga perlu mendampingi bagaimana anak-anak mereka dalam belajar, beberapa orang tua yang gagap teknologi merasa kesulitan membimbing anak-anak mereka belajar daring. Belum lagi kendala mahalnya kuota internet bagi sebagian orang tua.

Maka sederet persoalan muncul di samping cerita sukses lainnya dalam mendampingi anak belajar daring. Orang tua memang memiliki peran ganda dalam proses pembelajaran daring di rumah. Selain tanggung jawab mendidik anak, orang tua dituntut mendampingi anak belajar daring di rumah sebagai ganti pembelajaran tatap muka. Dalam kondisi seperti saat ini, disadari atau tidak, para orang tua menjalankan peran ganda pendidikan.

Editor : Junaid Ramadhan

Check Also

Prodi Sosiologi FIS UNM Buka Klinik

KORANMAKASSARNEWS.COM — Program studi sosiologi fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Makassar akan membuka klinik. Klinik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.