Home / POLITIK / Pilkada Serentak 2020, PKMRI Himbau Warga Tolak Money Politic

Pilkada Serentak 2020, PKMRI Himbau Warga Tolak Money Politic

KORANMAKASSARNEWS.COM — Ditengah erah pandemi Covid-19, Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) akan digelar secara serentak di 270 daerah yang terdiri dari 9 pemilihan gubernur (pilgub), 224 pemilihan bupati (pilbup), dan 37 pemilihan wali kota (pilwalkot), pada 9 Desember 2020 mendatang.

Herianto Ebong, Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Makassar Sanctus Albertus Magnus, Senin, (7/12/2020) menyampaikan, pelaksanaan pilkada serentak dalam kondisi pandemi yang masih mengintai tentunya sangat berpengaruh terhadap beberapa hal.

Pemilihan menjadi rumit, kompleks, mahal dan bisa mempengaruhi akses informasi pemilih serta kualitas kesetaraan kompetisi antar calon dalam berkampanye.

Lebih lanjut, Dia menyampaikan, Dalam pelaksanaan pilkada serentak kali ini tentunya sangat dibutuhkan kerja sama semua pihak dalam menjaga kualitas dan pelaksanaan pilkada yang aman dan damai di 270 daerah pelaksanaan.

Kota Makassar merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan pemilihan Walikota dan Wakil walikota tentunya diharapkan terciptanya pilkada yang aman dan damai serta berkualitas dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kontestasi pilkada tidak terlepas dari potensi terjadinya gesekan yang bisa menyebabkan terjadinya konflik dikalangan masyarakat. sehingga sangat dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak sebagai pelopor tak terkecuali kalangan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam hal pengawasan.

Herianto juga menuturkan bahwa kerja sama menjadi salah satu hal penting dalam mewujudkan pilkada yang aman dan damai.

“Dibutuhkan kerja sama semua pihak diantaranya pemerintah, penyelenggara pemilu, pihak keamanan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan peserta pemilu dalam pelaksanaan pilkada, sebagai salah satu hal penting dalam mewujudkan pilkada yang aman dan damai di Kota Makassar.

Selain itu Heri juga menghimbau, Agar masyarakat menghindari berita Hoax dan isu-isu berbaur suku, agama dan ras yang hanya barbaur provokasi dalam mengacaukan kontestasi pilkada di kota Makassar.

Pada pelaksanaan pilkada kali ini juga peranan semua pihak diperlukan untuk menerapkan dan saling mengingatkan satu sama lain dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat demi menghindari terjadinya penyebaran klaster baru penyebaran Covid-19 saat. “Tutup Heri Ketua Presididium PMKRI Cabang Makassar.

baca juga : Kodim 1412/Kolaka Siap Bantu Polri dan Pemda, Dalam Rangka Pelaksanaan Pilkada tahun 2020

Selain itu, Teobaldus Hemma, Presidium Gerak Kemasyarakatan PMKRI Cabang Makassar menambahkan, Kita mengajak semua masyarakat kota Makassar untuk bersama-sama menolak money politic serta bersinergi dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap potensi terjadinya kecurangan selama pelaksanaan pilkada ini.

Untuk diketahui, pada 9 Desmeber 2020 juga merupakan momentum peringatan hari anti korupsi sedunia, yang diperingati sebagai bentuk upaya penyadaran publik bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa. Namun kita juga berharap agar dalam pelaksanaannya yang biasa diwarnai dengan aksi demonstrasi itu dapat berjalan dengan tertib, aman dan damai dalam menyampaikan aspirasi di muka umum. ” Tutup Teobaldus Hemma. (*)

Check Also

Nama Suhartina Bohari Berhembus Kencang Menjadi Kandidat Ketua Pada Musda Golkar Maros

MAROS, KORANMAKASSARNEWS.COM — DPD II Golkar Maros semakin menarik perhatian masyarakat pasalnya partai pemenang legislatif …

One comment

  1. Cukup dengan modal 20K saja Anda udah bisa bermain slot game yg lagi ” G A C O R ” di QQHarian dan berkesempatan Menang hingga jutaan rupiah karna Slot nya lagi ” B O C O R ” , Buruan Jangan sampai Ketinggalan Mendapatkan Jutaan bahkan Puluhan Juta Rupiah. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ). Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah =
    Situs Resmi SLOT BOCOR & GACOR
    https://biolinky.co/linkpromo
    https://www.facebook.com/SlotOnline3/