Home / RELIGI / PKB SulSel, Bakul Maudu dan Kesederhanaan

PKB SulSel, Bakul Maudu dan Kesederhanaan

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Pengurus DPW PKB Sulawesi Selatan menggelar Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Kantor DPW PKB, Kamis (5/12/19).

Peringatan Maulid lengkap dengan Bakul Maudu khas peringatan Maulid Nabi dalam tradisi hampir di seluruh pelosok Sulawesi Selatan ini berlangsung sederhana, bersahaja dan penuh keakraban.

Beberapa “Bakul Maudu” tampak berjejeran beraneka warna, bentuk lengkap dengan songkolo (makanan yang terbuat dari beras ketan) dan hiasan telur serta Bunga Male hiasnya berbentuk perahu pinisi dll. Ini adalah salah satu bentuk pengaruh agama Islam dalam kebudayaan Bugis Makassar dalam memperingati Maulid Nabi Besar muhammad SAW.

Dihadiri oleh Ketua PKB Sulsel Azhar Arsyad dan beberapa jajaran Anggota Legislatif fraksi PKB Sulawesi Selatan H. Hengky Yasin, Irwan Hamid Andi Muhammad, Anwar Purnomo, Fauzi Andi Wawo dan H. Muhammad Syarif dan Andi Tenriliweng.

baca juga : Pilkada Bulukumba 2020, Syamsuddin Alimsyah Pendaftar Pertama di PKB

Kegiatan yang dikemas sederhana untuk internal pengurus DPW PKB SulSel ini diawali dengan Ritual “Mabbaca Doa” dengan menyajikan makanan, kue tradisional dan buah-buahan. Setelahnya acara dilanjutkan dengan ceramah oleh Kader Muda PKB Sulawesi Selatan, Ustas Jusman Hammade yang merupakan Alumni Pesantren Assadiyah Sengkang.

Sebagai partai yang didirikan oleh NU, menjaga Tradisi dan mempertahankan lokalitas untuk menjadi washilah, memperkuat Habdul minallah, Habdul Minal Nas dan Habdul Minal Alam adalah salah satu bentuk komitmen PKB dalam memperkuat Ukhuwah. (*)

Check Also

Di Makkah, Jamaah Al Jasiyah Travel Kunjungi Padang Arafah

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Berada di kota Makkah sejak sabtu 28/12/2019 kemarin, rombongan jamaah umrah Al …