Home / SOSIAL / Respon Kondisi Kemanusiaan di Wamena, ACT Sulsel Bangun Posko di Dua Lokasi Berbeda

Respon Kondisi Kemanusiaan di Wamena, ACT Sulsel Bangun Posko di Dua Lokasi Berbeda

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Merespon kondisi kemanusiaan dari krisis yang terjadi di Wamena Papua, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan mengaktifkan posko kemanusiaan di dua lokasi berbeda, yakni di Bandara Lanud Hasanuddin Makassar dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar sejak kemarin Senin (30/09/2019).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen ACT bersama korban dari krisis kemanusiaan Wamena Papua.

Kedua posko ini nantinya menjadi titik layanan terhadap para eksodus ataupun penyintas dari Wamena Papua. Dan memang, lokasi ini dipilih karena menjadi gerbang utama keberangkatan dan kepulangan warga Makassar dan sekitarnya, baik via udara maupun laut.

Di posko ini juga menyiapkan layanan kesehatan serta makan gratis bagi para korban terdampak. Semuanya standby 24 jam dikawal oleh tim relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dari berbagai daerah di Sulsel.

Baca juga : ACT Siap Membantu Kepulangan Warga Sulsel di Wamena Papua

“Gelombang kedatangan pengungsi dimulai pada subuh tadi, dan diperkirakan akan terus mengalir dalam kurun waktu sepekan kedepan,” Jelas Yusuf, koordinator posko di pelabuhan soekarno Hatta Makassar.

“Tim medis dan dokter pun kami siapkan agar bisa melayani secara medis para pengungsi mengingat bahwa banyak diantara para pengungsi yang terluka akibat konflik tersebut,” kata Yusuf.

Oleh tim medis, berbagai jenis obat obatan telah disiapkan bahkan ruang khusus bagi para penyintas jika memiliki luka atau butuh penanganan yang lebih serius.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengaduan, dapat menghubungi 0853 3079 3223 atau 0853 9562 0272. (*)

Check Also

Turun ke Jalan, PMII Komisariat Uniprima Kumpulkan Donasi untuk Korban Kebakaran di Pammana

WAJO, KORANMAKASSARNEWS.COM — Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Puangrimaggalatung …

Loading...