Home / EDUKASI / Sambut Hari Anak Sedunia, SLB-C YPPLB 2 Bakung Gelar Beragam Kegiatan di Luar Kelas

Sambut Hari Anak Sedunia, SLB-C YPPLB 2 Bakung Gelar Beragam Kegiatan di Luar Kelas

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM – Untuk memperingati Hari Anak Sedunia (Universal Children’s Day) yang jatuh pada tanggal 20 November, beberapa sekolah melakukan beragam kegiatan.

Salah satunya yakni, Sekolah Luar Biasa Bagian C Yayasan Pembina Pendidikan Luar Biasa 2 (SLB-C YPPLB 2) Makassar yang berada di kawasan jalan Asrama Haji, Kelurahan Bakung, Kecamatan Biringkanaya. Sekolah ini melaksanakan kegiatan belajar mengajar diluar kelas guna memeriahkan dan memaknai Hari Anak Sedunia tersebut. Kamis (7/11/2019).

Dari pantauan awak media ini, para murid terlihat semangat dan gembira melakukan aktifitas diluar dari biasanya.

Kepada awak media ini, Kepala Sekolah SLB-C YPPLB 2 Makassar, Muhammad Siddieq mengatakan, giat ini dimulai pukul 07.00 WITA, semua guru berdiri di depan sekolah untuk menyambut murid yang datang dengan 3 S (Senyum, Salam dan Sapa), lalu para murid dipandu menyanyikan lagu Indonesia Raya (3 stanza).

“Hari senin kemarin, kami sudah rapatkan bersama. Untuk agenda kegiatannya, harus sesuai dengan panduan jadwal pelaksanaan kegiatan, pukul 07.00 pagi yang dimulai dengan menyambut murid-murid yang datang kesekolah,” katanya sambil menyapa murid-muridnya yang datang.

Baca juga : Ukhy Sukirman, Apresiasi Langkah Konkrit Disdik Sulsel Kerjasama Unhas

Sementara salah seorang guru, Maria Goretti Paringan menjelaskan, dalam kegiatan ini, murid dibimbing untuk mencuci tangan, berdoa sebelum makan untuk sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orang tua, lalu berdoa bersama dan mencuci tangan kembali setelah makan.

“Kami juga akan ajak murid mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan berdoa sebelum makan untuk sarapan bersama, lalu berdoa bersama lagi setelah makan,” jelasnya.

Tak hanya itu kata Maria, murid juga diajarkan untuk memeriksa lingkungan sekitar, memelihara tanaman, menjaga diri dari benda atau hal-hal membahayakan serta mematikan lampu atau peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan keran air yang terbuka.

Para guru disekolah juga tak lupa meningkatkan niat baca peserta didik dengan mengajak murid membaca diluar kelas serta memberikan pemahaman melalui simulasi evakuasi terhadap bencana dalam gerak dan lagu.

Setelah itu, suasana kembali dimeriahkan dengan melakukan senam germas, permainan tradisional serta tepuk hak anak serta menyorakkan yel-yel sekolah ramah anak.

Dipenghujung kegiatan, Kepala Sekolah membacakan Deklarasi Sekolah Ramah Anak yang di ikuti oleh guru dan murid serta melantik tim Sekolah Ramah Anak.

Sekadar diketahui, pelaksanaan Sehari Belajar di Luar Kelas ini dilakukan serentak seluruh Indonesia oleh Satuan Pendidikan tingkat PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dan SLB diseluruh Provinsi/Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini secara simbolik akan digelar di 7 (tujuh) Provinsi dan salah satunya di Provinsi Sulawesi Selatan yang akan dipusatkan di Kabupaten Bantaeng. (Alif)

Check Also

UIM Utus Mahasiswanya KKN Internasional di Thailand

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Prof Jasruddin resmi melepas mahasiswa …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.