Home / PEMPROV SULSEL / Sosialisasi UPT Samsat Makassar 2, Toto : Tarif Progresif Pajak Sulsel Ada Pengurangan

Sosialisasi UPT Samsat Makassar 2, Toto : Tarif Progresif Pajak Sulsel Ada Pengurangan

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel, melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) pendapatan wilayah Makassar 2, melaksanakan sosialisasi pajak daerah di Hotel Grand Palace, Jalan Tentara Pelajar Makassar, Kamis (28/6/2018).

Sosialisasi ini bermaksud untuk meningkatkan pendapatan pajak khusunya yang dikelola oleh provinsi Sulsel diantaranya, Pajak kendaraan bermotor (PKB), Bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), Pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB), Pajak air permukaan dan pajak rokok.

Kepala Bapenda Sulsel, Drs H Tauoto TR M si, mengatakan bahwa Sosialisasi pajak ini memang perlu terkait pemahaman dan perubahan produk hukum, contohnya perubahan di perda nomor 8 tahun 2017,

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan strategis di Badan Pendapatan Daerah, ya kenapa ini kita menganggap penting karena semua ini mesti kita sosialisasikan kepada masyarakat jangan sampai masyarakat langsung kaget kenapa ada perubahan kita tidak tahu.”

Contohnya produk hukum yang keluar Perda Nomor 8 tahun 2017, itu ada perubahan signifikan diantaranya adalah adanya pengurangan yang diberikan terhadap pajak progresif yang dulunya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) itu 12,5 persen sekarang 10 persen. Terang Toto sapaan kepala Bapenda.

Lebih lanjut Toto mengatakan, kemudian di tarif progresif untuk kepemilikan kendaraan motor kedua, terjadi perubahan dari 2,5 persen turun ke 2 persen, pembayaran ketiga dari 3,5 persen menjadi 2,25 persen,kemudian pembayaran ke lima 4,5 persen me jadi 2,5 persen dan yang terakhir 5,5 pesen turun ke 2,75 persen. Hal ini perlu masyarakat tahu.

Ditempat sama, Kepala UPT Samsat Makassar 2, Nurlina, mengungkapkan UPT Samsat Makassar 2, pada akhir bulan ini meyakini mencapai realisasi PKB sekitar 50 persen dari target,

“Target PKB khusus untuk wilayah Samsat Makassar 2, sebanyak 165 Miliar lebih, mudah mudahan diakhir Juni 2018 kita mencapai 50 persen. Sementara total Target untuk Makassar All, terealisasi kita Yakin Insya Allah besok kita capai target triwulan kedua, sebesar 45 Persen.” Beber Lina.

Kegiatan ini dibuka oleh, Kepala Bapenda Sulsel sekaligus Pj Sekda Sulsel, Drs H Tauoto TR M si, yang dihadiri oleh Kepala UPT Samsat Wilayah Makassar 2, Nurlina, Pamin STNK, Iptu Ade Firmansyah dan Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Alexander Palinggi yang melibatkan sekitar 100 Orang peserta wajib pajak. (Ilham)

Check Also

Presiden WOCPM Silaturahmi dengan Ketua TP PKK Sulsel

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Presiden World Council of Preventive Medicine (WOCPM) Prof Dr Deby Vinski MScAA PhD …