Home / DAERAH / Tiga Kecamatan di Takalar Gelar Bursa Inovasi Desa

Tiga Kecamatan di Takalar Gelar Bursa Inovasi Desa

TAKALAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Kecamatan Sanrobone, Mangarabombang dan Mappakasunggu menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) Program Inovasi Desa (PID) Kemendesa PDTT, Rabu (17/07/2019) di Gedung Islamic Centre kabupaten Takalar.

Sekretaris Dinas PMD Takalar mewakili Bupati, Rusdi S.Sos., M.Si., berharap, agar desa-desa terus melakukan inovasi dan melahirkan hal baru yang mendukung Takalar menjadi unggul, sejahtera dan bermartabat.

Rusdi juga meminta, agar para pihak seperti PMD, P2KTD, TPID, P3MD khususnya para pendamping desa dan para kepala desa agar terus bersinergi dalam melahirkan inovasi baru demi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan warga desa.

Pada kesempatan itu, BID menampilkan produk-produk hasil karya dari beberapa UKM, kelompok IRT, karang taruna dan Bumdes yang ada di tiga kecamatan peserta BID.

Berita terkait : Kab. Takalar Gelar Bursa Inovasi Desa, Sejumlah Inovator Raih Penghargaan

Beberapa produk-produk dari desa yang ditampilkan seperti Teh Kelor, selai melon, minuman rumput laut, kripik jantung pisang dan aneka kerajinan tangan khas daerah Takalar.

Dan hal yang menarik adalah hasil karya kerajinan tangan dari Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berupa replika kapal laut dalam kaca yang merupakan hasil keterampilan tangan salah seorang pengidap ODGJ warga desa Pabbatangan kecamatan Mappakasunggu.

Pendamping desa kecamatan Sanrobone, Irwan Ola berharap, melalui BID ini, desa mampu melakukan replikasi inovasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah masing-masing desa dan dapat dituangkan dalam dokumen perencanaan desa khususnya dalam dokumen APBDesa tahun anggaran 2020.

Hadir pada kesempatan itu, para pendamping desa P3MD Kemendesa Takalar, KPW-V P3MD provinsi Sulsel, Dinas PMD Takalar, para Kapolsek dan Danramil dari Sanrobone, Marbo dan Mapsu, camat Sanrobone, camat Marbo dan camat Mapsu, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) tiga kecamatan bersangkutan, tim P2KTD dan para Kepala Desa, pengurus Bumdes dan warga desa Mapsu, Marbo dan Sanrobone. (Esa)

Check Also

Bupati Adnan Terima Langsung 450 Jamaah Haji

GOWA KORANMAKASSARNEWS.COM – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan hadir langsung menerima 450 jamaah haji asal …

Loading...