oleh

36 Jurnal Terakreditasi Nasional Jadi Kado Awal Tahun UIN Alauddin

koranmakassarnews.com — Civitas akademika UIN Alauddin Makassar patut berbangga, kini kampus yang terletak di Kab. Gowa tersebut telah memiliki 36 jurnal yang terakreditasi nasional.

Meningkatnya jumlah jurnal terakreditasi, diapresiasi oleh rektor kampus hijau Prof Hamdan Juhannis, ia mengungkapkan pencapaian tersebut menunjukkan salah satu Pancacita yaitu publikasi akademik yang aktif, telah tercapai di tahun pertama kepemimpinannya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Wakil Rektor 1 dan jajarannya, khususnya para pengelola Rumah Jurnal atas kerjasamanya sehingga pencapaian ini bisa diakselerasi”, tuturnya di Makassar, senin (6/1/20).

Prof Hamdan melanjutkan, peningkatan kualitas jurnal akan membuat tradisi akademik di UIN Alauddin menjadi lebih maju dan dinamis, para dosen dan mahasiswa akan lebih giat meneliti dan menulis.

“Capaian ini juga, tentu akan mendongkrak reputasi akademik UIN Alauddin di antara perguruan tinggi lain,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, akan memberikan penghargaan bagi setiap peningkatan capaian dalam bidang publikasi akademik yang menjadi salah satu fokusnya. Harapannya, di tahun 2020 ini, ada jurnal yang mampu menembus SINTA 1.

“Bila Rumah Jurnal bisa mewujudkan harapan itu dalam dua tahun kepemimpinan kami, InsyaAllah akan kami beri reward khusus bagi pencapaian tersebut”, beber Rektor temuda UIN Alauddin itu.

Baca Juga ; Kunjungi PKB Sulsel, Mahasiswa UINAM Pertanyakan Platform Partai

Saat ini Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar mendampingi jurnal-jurnal kampus, fakultas, dan prodi, 36 jurnal di antaranya terakreditasi nasional yang masing-masing terdiri dari 3 jurnal dengan SINTA 2, 10 jurnal SINTA 3, 14 jurnal SINTA 4 dan 9 jurnal SINTA 5. Hal itu disampaikan oleh Zaenal Abidin, salah seorang pengelola Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar.

Adapun lima jurnal baru terakreditasi di awal tahun ini yakni Jurnal MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran (SINTA 3/Reakreditasi), Jurnal Diskursus Islam (SINTA 3), Jurnalisa: Jurnal Jurusan Jurnalistik (SINTA S4), Jurnal Ecces: Economics, Social, and Development Studies (SINTA 5) dan Jurnal MSA: Matematika dan Statistika serta Aplikasinya (SINTA 5).