oleh

Ajiep Padindang Sosialisasikan Empat Pilar Kepada Mahasiswa dan Pemuda Makassar

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — “Terjadi pemahaman yang lemah di kalangan generasi muda terhadap penghayatan dan pengamalan Pancasila”. Hal tersebut disampaikan anggota MPR RI Dr. H. Ajiep Padindang, SE, MM. saat melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kota Makassar dengan segmen mahasiswa dan tokoh pemuda di La Buana Café & Resto jl. Urip Sumoharjo Kota Makassar, kamis (24/6/2021).

“Karenanya, MPR RI terus menerus memfasilitasi masyarakat melalui perwakilannya melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan” lanjut Ajiep.

Sosialisasi yang diikuti 150 orang peserta menerapkan standar protokol kesehatan dan dibagi dalam dua tahap untuk menghindari kerumunan dalam jumlah besar.

Ketgam : Anggota DPD RI Ajiep Padindang sosialisasi 4 pilar

Dalam penyajian materinya, Dr. H. Ajiep Padindang, SE.,MM., yang juga sebagai anggota DPD RI di periode keduanya ini menyampaikan, negara kita memiliki Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara, harus terus disosialisasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, mantan anggota DPRD Prov. Sulsel empat periode ini mengulas satu persatu materi Empat Pilar MPR RI.
Ajiep Padindang juga menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir dan saat ini telah muncul berbagai varian baru. Hal ini telah menguji berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“Yang pertama diuji adalah terkait sila pertama Pancasila. Semua orang di Indonesia harus bertuhan, apapun agamanya yang diakui Negara, kita harus menyadari bahwa Tuhan yang menentukan segalanya, karenanya kita harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Allah SWT.” tambah Ajiep.

baca juga : Ajiep Padindang : Pancasila Harus Jadi Mata Pelajaran Wajib di Sekolah

Demikian pula sila kedua sampai sila kelima yakni nilai-nilai kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial. Nilai-nilai tersebut yang dalam bahasa Makassar Pesse Sibawa Siri na Pacce yakni rasa solidaritas sosial yang diuji di era pandemi ini.

Setelah penyajian materi oleh Anggota MPR RI, acara dilanjutkan tanya jawab dan diskusi. Kesempatan tersebut disambut baik oleh peserta sosialisasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan, yang selanjutnya semua pertanyaan tersebut dijawab oleh Anggota MPR RI Ajiep Padindang. (paijo)