oleh

Alumni Angkatan 90 Yaspend Bungaya Gelar Pelatihan UMKM dan Silaturahim Antar Alumni

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Alumni Yayasan Pendidikan (Yaspend) SMP Bungaya angkatan 90 menggelar kegiatan pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi seluruh perwakilan kalangan alumni yang digelar di Sekolah Yaspend Bungaya di Jalan Kumala, Minggu (13/11/2022).

Ketua harian Alumni Angkatan 90, Dahlan mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian program Angkatan 90 dari beberapa program yang telah dilaksanakan. Sekaligus untuk membangun tali silaturahim antar alumni.

“Ini adalah rangkaian kegiatan dari beberapa program kerja kami dari angkatan 90 dan dihadiri oleh sejumlah alumni dari beberapa angkatan.” Ujarnya.

Sesuai Tema yang diangkat adalah “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Ekonomi Mandiri” sehingga pelatihan ini diharapkan dapat membuka kesempatan kerja bagi masyarakat terutama bagi kalangan alumni.

“Dalam pelatihan yang kami buat ini ada daur ulang kantongan kresek (Plastik) yang dibuat menjadi sendal rumahan dan pembuatan sabun deterjen atau sabun cuci. Dengan harapan setelah mengikuti pelatihan ini masyarakat utamanya para alumni dapat membuka kesempatan kerja.” Tuturnya.

Sebagaimana diketahui, dalam pelatihan tersebut hadir membawakan materi pertama oleh pengrajin daur ulang eceng gondok Patriani dari Forum Komunikasi Bank Sampah (FKBS) dan pada sesi kedua diisi oleh Norma, pengusaha deterjen cair dari UKM Nurul Perintis. Dimana setelah membawa materi, kedua narasumber tersebut langsung mempraktekkan bersama para peserta pelatihan.

Sementara, Kepala sekolah SMP Yapen Bungaya, Nirmawati, S.Pd mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar para alumni Angkatan 90 ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menjalin keakraban dengan para alumni.

baca juga : Seminar Pengembangan Teknologi Fakultas Teknis Unhas, Walikota Makassar : Inovasi dan Penguatan Alumni

“Kami sangat mengapresiasi segala kegiatan alumni yang selalu melibatkan dan memperhatikan sekolah. Tidak lain tentu untuk kemajuan sekolah kita sendiri. Dan tentu ini sangat bermanfaat. kami juga sangat berterimakasih karena dalam kurikulum kita ada program yang berkaitan dengan kegiatan seperti ini.” Sambutnya.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini makin banyak masyarakat yang bisa berkreasi. “harapan kami setelah kegiatan ini makin banyak masyarakat yang bisa berkreasi dan membuka usaha. Sehingga kami sangat berharap melalui kegiatan ini nantinya kami bisa mengundang kembali alumni atau masyarakat yang punya kemampuan untuk berbagi pada kegiatan eskul di sekolah.” Harapnya.

Lebih lanjut dikatakan selain mendapat ilmu juga tentu bisa membangun silaturahim setelah sekian tahun lamanya tidak berjumpa. (*)