oleh

BBIHPMM Makassar Gelar Business Matching Bahas Penguatan Produk Ekspor

MAKASSAR, koranmakassarnews.com – Business Matching diselenggarakan Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim (BBIHPMM) Makassar Kementerian Perindustrian, Selasa 29 November 2022 di Jl Prof Abdurrahman Basalamah. Acara tersebut membahas Peluang Ekspor Komoditi Unggulan Sulawesi Selatan ke Negara Mitra FTA Indonesia.

Sejumlah pejabat pemerintahan se-Indonesia Timur hadir diantaranya Wakil Bupati Sidrap Ir H Mahmud Yusuf, perwakilan Bupati Mamasa, Kepala PLUT Sulsel, Staf ahli TGUPP Gubernur Sulsel Prof M Asdar, Perseroda Sulawesi Barat, pejabat Dinas Koperasi dari berbagai daerah, Perbankan dan sejumlah IKM binaan BBIHPMM.

Kepala BBIHPMM, Setia Diarta, menuturkan kegiatan Business Matching ini merupakan program untuk menguatkan lingkungan mikro ekonomi dengan memanfaatkan sejumlah kompetensi yang ada di BBIHPMM.

“Businees matching ini juga sebagai evaluasi capaian kami dalam proses pendampingan IKM selama ini. Alhamdulillah beberapa IKM yang dibina langsung melalui Inkubator Bisnis Teknologi BBIHPMM berjalan dengan baik,” kata Setia.

Layanan pendampingan BBIHPMM, menurut Setia, dilaksanakan dengan mengedepankan integritas dan ketulusan untuk mendukung IKM yang kita bina di beberapa daerah agar bisa tumbuh dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya minimal untuk masyarakat di sekitarnya.

Pihaknya berkomitmen melakukan pelayanan langsung kepada IKM. Mereka pelaku IKM perlu diajak berdiskusi dan didorong agar bisa survive dan bisa naik kelas menjadi industri menengah bahkan sampai besar.

“Kita harus yakin kalau IKM kita tumbuh dan berkembang maka tentu kita bisa meminimalkan resiko resesi yang diprediksi akan terjadi di tahun 2023,” ungkap Setia.

baca juga : Anging Mammiri Business Fair 2022, Upaya BI Dorong UMKM Sulampua Go Global

 

Dalam acara tersebut juga dirangkaikan penyerahan sertifikat SNI kepada IKM binaan BBIHPMM yakni PT Galang Smart, CV Poki Cahaya Abadi, CV Forest Coffe, Koperasi Produsen Industri Makkuraga Sibali Reso dan UD Sniper. Selain itu juga dilaksanakan MoU program Pinoti dengan PT Tunas Pacciro Agro Celebes dan Sentra Mart.

Di sesi diskusi terkait ekspor diisi oleh narasumber Chairil Burhan Tenaga Ahli Free Trade Agreement (FTA Makassar, Bagus Muhammad Irvan Kepala KLT BSN, Dewa Kadek Indrawan dari Bank Mandiri Makassar dan Hamzah Owner Ocean’s Food. Kegiatan itu dipandu moderator Prof Zulkifli Syamsir.