oleh

Cegah Banjir, Personil Koramil 1419-01/Maiwa Gotong Royong Bersihkan Saluran Drainase

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Musim hujan semakin dekat, Kabupaten Enrekang pun bersiap-siap menghadapi kemungkinan terjadinya banjir. Untuk mengantisipasi hal tersebut, personil Koramil 1419-01/Maiwa turun tangan dan melakukan gotong royong membersihkan saluran selokan di kawasan Dusun Santunan, Desa Pattondong Salu, Kecamatan Maiwa pada Minggu (31/03/2024).

Kapten Inf Subandi, Danramil 1419-01/Maiwa mengatakan bahwa kegiatan pembersihan ini merupakan bagian dari aksi karya bakti dalam rangka menghadapi musim hujan yang akan datang. Selain membersihkan saluran selokan air, personil Koramil 1419-01/Maiwa juga memangkas semak belukar yang berada di sekitar perumahan warga di Desa Pengaron.

“Kita juga harus waspada terhadap sarang nyamuk dan wabah penyakit sehingga harus terjaga kebersihannya,” tutur Danramil.

Sudah saatnya bagi masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan dengan melakukan gotong royong membersihkan saluran selokan air. Danramil mengutarakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi warga di sekitar Dusun Santunan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

baca juga : Polsek Baranti bersama Koramil dan Pemerintah Laksanakan Kerja Bakti di Masjid Nurul Yaqin Simae

Mail, salah satu tokoh masyarakat yang hadir saat kegiatan gotong royong tersebut berlangsung, menambahkan bahwa pembersihan saluran selokan sangat penting untuk mencegah terjadinya banjir saat musim hujan tiba. “Ada kesempatan seperti ini sangat baik untuk melakukan pembersihan sehingga bila terjadi hujan dan genangan air semakin lancar sehingga mengurangi dampak banjir,” tutupnya.

Kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh personil Koramil 1419-01/Maiwa dan juga masyarakat tersebut diharapkan dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya banjir saat musim hujan tiba. (ZF)