oleh

Dilirik Jadi Percontohan Pemanfaatan Tanaman Bambu, Walikota Makassar Ajak Peneliti SAPPK ITB Keliling Tokka

MAROS, koranmakassarnews.com — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak peneliti Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (SAPPK ITB) mengelilingi kawasan Tokka Tena Rata di Kabupaten Maros, Jumat (28/07/2023).

Mereka adalah Aswin Indraprastha Wakil Dekan Akademik SAPPK ITB, Andry Widyowijatnoko Ahli Bambu Kelompok Keahlian (KK) Teknologi Bangunan SAPPK ITB, serta Lily Tambunan dan Robby Dwiko Juliardi yang juga Dosen dan Peneliti KK Teknologi Bangunan Pordi Arsitektur SAPPK ITB.

Dosen dan Peneliti KK Teknologi Bangunan Arsitektur SAPPK ITB Lily Tambunan melihat ada potensi di Tokka Tena Rata yang bisa digali untuk dijadikan kawasan pemanfaatan tanaman bambu.

Kata dia, rencana ini juga sejalan dengan visi Wali Kota Makassar Danny Pomanto yang ingin menjadikan Tokka Tena Rata sebagai kawasan pusat penelitian baik di bidang sosial maupun teknologi.

“Kita masuk ke Tokka ini karena melihat ada potensi yang luar biasa RTH di Sulsel dekat Makassar dan ini juga sama dengan visi pak wali menjadikan Tokka sebagai pusat sains, malah semua penelitian terkait sosial, budaya dan teknologi beliau akan kembangkan di sini,” kata Lily Tambunan.

Dalam pengembangan Tokka menjadikan kawasan pemanfaatan tanaman bambu, SAPPK ITB akan menggandeng beberapa pihak salah satunya Universitas Hasanuddin.

baca juga : Aktif Bangun Kekayaan Intelektual, Makassar Raih Penghargaan dari Kemenkumham RI

“Ke depan kita akan mengembangkan sebuah rencana jangka pendek yaitu zonasi hutan bambu di Tokka di mana tanaman bambunya diambil dari berbagai daerah dan negara. Rencananya akan ada satu atau dua bangunan di sini yang akan kita buat sebagai percontohan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, tim peneliti SAPPK ITB saat ini sementara memperkenalkan bambu sebagai pengganti batu bata dalam membangun rumah.