oleh

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Enrekang Terus Berbenah

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Dispustaka Enrekang, melalui layanan Perpustakaan Umum, terus membenahi dan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan layanan membaca dan berkegiatan. Seiring dengan tekad untuk memberikan layanan yang lebih maksimal, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang telah memfasilitasi berbagai kegiatan dalam sebulan terakhir di awal tahun 2024.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di antaranya kunjungan belajar dari anak-anak TK dan story telling di Ruang Baca Anak, kegiatan pembelajaran dari pelajar dan mahasiswa yang hampir tiap pekan selalu didatangi, bincang buku bersama klub baca, sosialisasi serta try out masuk PTN, bimbingan belajar IT serta bimbingan praktik pemanfataan aplikasi digital. Beberapa aktivitas juga digiatkan oleh para pustakawan seperti promosi koleksi baru perpustakaan melalui konten Youtube dan Instagram Dispustaka Enrekang.

Salah satu kunjungan berkelompok yang dilakukan pada Rabu, 31 Januari 2024, meliputi kegiatan pembelajaran untuk para peserta didik SMK PGRI Enrekang di Ruang Baca Umum dan Bimbingan Mahasiswa Perpustakaan dalam praktik penggunaan aplikasi Pengklasifikasian Elektronik dan Aplikasi Pengatalogan. Pada kegiatan tersebut, pustakawan memberikan pendampingan dalam pemanfaatan buku bacaan dan menjelaskan secara detail mengenai penggunaan aplikasi tersebut.

Antusias berkunjung dari masyarakat, terutama para pelajar ke Perpustakaan Umum, tak lepas dari adanya pelayanan dan fasilitasi yang membuat pemustaka semakin nyaman. Hal ini juga merupakan konsen dari Plt. Kepala Dispustaka Amrullah, S.Si, yang terus memacu para pustakawan dan petugas perpustakaan untuk memberikan layanan yang maksimal.

baca juga : Hari Kedua Pemkab Sebar 2500 GPM di Kecamatan Enrekang

“Kami terus menyemangati para pustakawan dan petugas perpustakaan agar memberikan yang terbaik bagi masyarakat kita, dan menyediakan layanan yang nyaman untuk mengakses bacaan,” ujar Amrullah.

Ia pun mengharapkan agar setiap sekolah yang ada di Kabupaten Enrekang dapat mengajak peserta didiknya untuk berkunjung ke Perpustakaan Umum, baik melaksanakan kegiatan pembelajaran ataupun sekedar baca-pinjam buku. Sejalan dengan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, ia juga mengajak secara luas kepada masyarakat yang ingin menjadikan perpustakaan sebagai tempat berkegiatan yang positif, utamanya dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan.

“Silahkan bila ada yang ingin berkegiatan di perpustakaan, baik itu kunjungan belajar atau kegiatan berlatih apa saja yang mau dilaksanakan untuk mengembangkan skill masyarakat kita,” ajaknya kepada salah seorang pengunjung di sela-sela memantau pelayanan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang terus berbenah untuk memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat Enrekang. (ZF)