oleh

Jubir Presiden : HMPI Harus Gabung Tim Riset Presiden untuk Ibu Kota Negara

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Persiapan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur terus dimatangkan. Proyek IKN bahwa telah ditetapkan dalam rancangan pembangunan jangka menengah (RPJMN) yang diketok pada awal Januari 2020.

Dalam menyukseskan pemindahan IKN tersebut, kaum terpelajar memiliki posisi penting untuk terlibat dalam berbagai riset terkait pembangunan hingga kesiapan masyarakat setempat dalam menyongsong hadirnya IKN sebagai episentrum budaya dan wajah Indonesia di dunia global.

Terkait dengan itu, di sela-sela Webinar Virtual ke-6 (22/8) “Maju dan Merdeka: Refleksi HUT RI ke-75, Kolaborasi dan Konsolidasi Mahasiswa Pascasarjana Antar Benua” Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) Andi Fajar Asti berinisiatif untuk melakukan riset kesiapan masyarakat pesisir dalam menyongsong ibu kota negara.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Presiden Dr. Ir. Mochammad Fadjroel Rachman mengatakan bahwa sebagai barisan terpelajar HMPI dapat tergabung dalam riset kolaboratif dengan tim riset kepresidenan. “Riset-riset kalangan terpelajar sangat berguna sebagai bentuk sumbangan terhadap ibu kota negara,” lanjut Fadjroel Rachman yang sedang dalam perjalanan tugas ke Jawa Tengah.

baca juga : Bertemu Presiden Jokowi, Tony Blair Sebut Pemindahan Ibu Kota Visi Luar Biasa

Fadjroel menambahkan bahwa pembangunan sumber daya manusia adalah pancakerja Presiden Joko Widodo dan olehnya itu membutuhkan berbagai kontribusi dari kalangan terpelajar, khususnya mahasiswa pascasarjana. “Kunci kesuksesan dalam membangun SDM unggul Indonesia adalah partisipasi, adaptasi, dan kolaborasi,” lanjutnya lagi.

Pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur diumumkan Presiden Joko Widodo pada 29 Agustus 2019. “Berbagai riset kolaboratif terkait pemindahan ibu kota negara harus terus dilakukan mengingat proses pemindahannya sangatlah kompleks mulai dari penyusunan perencanaan hingga kesiapan masyarakat setempat,” pungkas Andi Fajar Asti yang di bawah kepemimpinannya HMPI menginisiasi terbentuknya Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) yang diketuai oleh Bupati Penajam Paser Utara. *