oleh

Kembali Baznas Enrekang Bantu Atasi Kekurangan Air Bersih di Lewaja

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Enrekang telah sukses mengatasi permasalahan kekeringan air bersih yang melanda Kelurahan Lewaja, Kecamatan Enrekang, senin (16/10/23)

Kepala BAZNAS Kabupaten Enrekang, Baharuddin Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, menyatakan bahwa air bersih merupakan kebutuhan dasar yang vital bagi warga, dan masalah kekurangan air bersih bisa berdampak negatif. Oleh karena itu, BAZNAS Kabupaten Enrekang hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Lebih lanjut, Baharuddin menjelaskan bahwa Lewaja memiliki mata air dengan debit yang cukup besar yang berjarak sekitar 300 meter dari perkampungan warga. Dengan cepat, BAZNAS membeli tandon penampungan air dan selam air untuk memanfaatkan sumber air tersebut.

Sejak hari ini, warga Lewaja dapat menikmati air bersih tersebut. Baharuddin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk pemerintah, yang selalu peduli dan hadir sebagai solusi dalam menghadapi masalah yang dihadapi masyarakat.

baca juga : Baznas Enrekang Sambangi dan Salurkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Masalle

Sementara Zainuddin, Koordinator Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kelurahan Lewaja, menjelaskan bahwa masalah kekurangan air bersih di Lewaja telah berlangsung selama sekitar 3 bulan, menyebabkan kekhawatiran warga akibat kekurangan air bersih, bahkan air sungai di daerah tersebut telah mengering.

“Setelah mengajukan keluhan ke BAZNAS Enrekang, mereka merespons dengan cepat. Bersama tim BAZNAS Enrekang, permasalahan tersebut berhasil diselesaikan dengan baik melalui verifikasi dan penilaian kebutuhan serta pembelian peralatan seperti tandon penampungan air dan pipa”, tambah Zainuddin

Kebutuhan akan air bersih sangat vital bagi kehidupan. Akses warga kepada air bersih yang aman dan bersih sangat penting untuk keperluan minum, memasak, dan sanitasi pribadi. Baharuddin menyampaikan terima kasih kepada semua yang telah menyumbangkan zakat, infak, dan sedekah mereka kepada BAZNAS Kabupaten Enrekang sebagai upaya untuk membantu warga yang membutuhkan. (ZF)