oleh

Ketua PD IWO Sinjai Sayangkan Pernyataan Bendahara Apdesi

SINJAI, koranmakassarnews.com — Pernyataan Asosiasi Kepala Desa (Apdesi) Sinjai, melalui bendaharanya, yang menyebut media yang suka mengkritik desa, tidak diperbolehkan promosi melalui iklan mengundang reaksi Ikatan Wartawan Online (IWO) Sinjai.

“Yang penting nanti yang suka kritik desa, jangan minta promosi di desa lagi seperti iklan-iklan janganmi karena rugimi te’ masahaba,” ucap Kepala Desa Lasiai, Kecamatan Sinjai Timur, Abib Al Mu’min Mapasara, sebagaimana diberitakan salah satu media online.

Atas pernyataan itu, Ketua PD Ikatan Wartawan Online (IWO) Sinjai, Muh. Syahidin, sangat menyayangkan dan menilai pernyataan dia (Abib Al Mu’min Mapasara) masih dangkal pemahaman tentang media.

Media menurut, Syahidin hanya sebagai wadah untuk menyampaikan kritikan dari narasumber. Bahkan di Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, juga sangat jelas bahwa Pers atau media massa adalah lembaga sosial yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti mencari berita, meliput acara, menulis berita, mengolah informasi berita, dan meyampaikan berita tersebut pada masyarakat.

baca juga : PW Ikatan Wartawan Online Lampung Tunjuk Fahreza Nakhodai LBH IWO

Dimana dalam UU Pers diatur dalam pasal 2 butir 1 dan 2 disebutkan bahwa “(1) Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. (2) Di samping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.

“Media bukan mengkritik hanya penyaji berita/informasi karena yang mengkritik kan narasumber,” jelasnya, Sabtu (12/6/2021)

Lebih lanjut, Jurnalis Media Harian Berita Kota Makassar (BKM) itu meminta kepada Abib Al Mu’min Mapasara, untuk membuktikan media apa saja yang selama ini beriklan dengan pemerintah desa.

“Saya menantangnya untuk menyebut media apa saja yang sering melakukan kerja sama untuk promosi desa. Sebab, selama ini, pemerintah Desa menganggap promosi dan sosialisasi di media tidak penting,” tandasnya. (iwo)