oleh

Lies F. Nurdin Kembali Sapa Warga Melalui Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis

Diikuti oleh Lebih Dari 200 Masyarakat Maccini Gusung

koranmakassarnews.com — Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Lies F Nurdin kembali menyapa warga masyarakat melalui kegiatan Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Kelurahan Maccini Gusung, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Ahad, 17 November 2019.

Kegiatan ini memberikan layanan pemeriksaan kadar kolesterol, gula darah, asam urat, syaraf, dan keluhan penyakit umum bagi 200 lebih masyarakat. Difasilitasi oleh 4 dokter umum, 1 dokter syaraf, 2 petugas laboratorium, 2 apoteker yang memberi obat-obatan yang dibutuhkan pasien.

Masyarakat yang didominasi kaum ibu terlihat antusias mengikuti bakti sosial ini, terlihat dari panjangnya antrian di meja registrasi, dan jumlah pasien yang telah mecapai ratusan, 2 jam setelah pendaftaran dibuka.

Lies F. Nurdin, didampingi Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Suaib, berharap masyarakat dapat memanfaatkan pemeriksaan dan pengobatan yang digelar secara gratis ini.

“Saya harap semua masyarakat dari Kelurahan Maccini Gusung dapat ikut pemeriksaan, jadi yg merasa suka pusing-pusing, tinggi kolesterol, tapi mudah-mudahan hasilnya baik semua. Kalau periksa di Lab sudah jauh dan harus bayar, jadi kegiatan hari ini sayang kalau tidak dimanfaatkan,” kata Lies.

Pada kesempatan ini, Lies mengimbau para warga, khususnya kaum ibu untuk lebih fokus memerhatikan gizi anak. Ia menekankan para ibu untuk memberi makanan sehat dan seimbang serta menjauhi makanan kemasan dan siap saji.

“Lebih bagus kita (para ibu) masak makanan sendiri, utamanya sayuran kelor. Jangan diberi mie instan, karena dapat menghambat daya pikir anak kita dan penyebab penyakit kanker,” jelasnya kepada warga.

Lies juga meminta para ibu memerhatikan pemberian imunisasi pada tiap anak. Untuk mengurangi angka polio anak.

Tak lupa, Lies mengingatkan warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, utamanya memasuki musim penghujan.

“Memasuki musim hujan, kita harus lebih peduli dengan kebersihan lingkungan untuk hindari demma berdarah, kalau bisa ada jadwal pembersihan rutin lingkungan sekitar dengan masyarakat,” sebutnya.

Lies menitipkan pesan kepada warga untuk tak ragu menyampaikan keluhan kepada Pemerintah daerah melalui komunikasi terbuka bersama pihak kecamatan.

“Kalau ada yg bisa kami bantu, sampaikan ke ibu camat, sampaikan kebutuhan, kami terbuka,” tutup Lies.

Ketua Pokja IV TP PKK Provinsi Sulsel selaku penanggung-jawab kegiatan sekaligus Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Rakyat Makassar, dr. Haeriyah Bukhari menyatakan, pengobatan ini didukung oleh program CSR PT Waskita Karya yang menyediakan obat-obatan.

“Kami dari Pokja IV PKK Sulsel menyediakan tenaga medis,” terang Hairiah.

baca juga : Dukung IKM Sulsel, Lies F Nurdin Tandatangani MoU dengan Kakanwil Kemenag dan Kakanwil Kemenkumham Sulsel

Dokter spesialis syaraf ini mengatakan, animo masyarakat pada bakti sosial ini cukup tinggi.

“Dengan penuhnya antrian pada posko pemeriksaan,”.

Ia mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat ini akan terus berlanjut di beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

“Selanjutnya akan kami laksanakan di Kabupaten Takalar,” tutupnya.

Kegiatan ini juga ditandai penyerahan plakat dari PT Waskita Karya kepada Ketua TP PKK Sulsel.(*)