oleh

Peduli Perawat, HPHI Sulsel Serahkan APD ke Satgas Covid-19 PPNI Sulsel

koranmakassarnews.com — Merebaknya wabah virus Covid-19 di Sulawesi Selatan mengakibatkan tenaga kesehatan terutama perawat yang bekerja di Rumah Sakit mengalami beberapa kendala terkait Alat Pelindung Diri (APD) yang minim sehingga dalam bertugas perawat menjadi khawatir terlular penyakit yang pertama muncul di Kota Wuhan Cina ini.

Dengan melihat fenomena minimnya APD untuk digunakan perawat saat bertugas ini mendorong Dewan Pengurus Wilayah Himpunan Perawat Holisitik Indonesia Provinsi Sulwesi Selatan ( DPW HPHI Sulsel ) menggalang donasi untuk memenuhi kebutuhan APD Perawat yang bertugas di Ruang Penanganan Covid-19 di Rumah Sakit.

Setelah menggalang donasi tahap pertama selama 2 minggu, HPHI menyalurkan Ratusan Masker N95 ke Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Persatuan Perawat Nasional Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan ( PPNI Sulsel ) Sabtu 4 April 2020 di Sekertariat DPW PPNI Sulsel di Jalan BTP Makassar .

” Alhamdulillah kami menyerahkan hasil donasi dari masyarakat yang peduli kepeda perawat yang bertugas sebagai garda terdepan dengan kelengkapan senjata seperti masker N95 yang sangat dibutuhkan oleh sejawat kami saat ini berjuang merawat pasien Covid-19. Terima Kasih kepada donatur yang mempercayakan HPHI sebagai lembaga yang menyalurkan bantuannya”, ungkap Daeng Uyha sapaan akrab Rahmatullah Pengurus DPW HPHI Sulsel sesaat setelah menyerahkan bantuan, sabtu (4/4/20)

Penyaluran bantuan ke Satgas Covid-19 PPNI Sulsel ini merupakan lokasi terakhir untuk tahap pertama penggalangaan donasi yang dilaksanakan selama dua minggu terakhir ini. Sebelumnya telah disalurkan APD berupa masker dan baju cover all di beberapa lokasi se Sulawesi Selatan.

” Penyaluran tahap pertama ini kami tutup dengan lokasi yang sudah kami salurkan APD adalah Titik beberapa titik seperti PPNI Jeneponto , PPNI Tanah Toraja , PPNI Enrekeng, RS Sidrap , PPNI Palopo , RS Sinjai , RS Wahidin, RS Unhas, RS Ibnu Sina, RS Syekh Yusuf, RS Tajuddin Chalid RS Wajo, RS Haji, PPNI Luwu, Balai Rehab BNN Baddoka , Yayasan Muslim Asia, Dekan FK Unhas, RSUD Morowali utara, RSUD Morowali , RS Bulukumba dan hari ini kami tutup dengan menyerahkan masker N95 ke Satgas Covid-19 DPW PPNI Sulsel. Semoga dapat dipergunakan para perawat dalam melayani korban covid-19 hingga memberikan kesembuhan”, Muhlis Katili Ketua DPW PPNI Sulsel”.

baca juga : PPNI Kota Makassar Klarifikasi Informasi Perawat Tim Covid-19 Yang Diusir dari Kost

HPHI Sulsel sebagai organisasi yang menghimpun perawat yang bergelut dibidang holistik seperti bekam, hypnotherapy , akupuntur, Baby Spa dan Herbalis ini diwakili oleh Rahmatullah Pengurus HPHI Sulsel dalam menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh Ketua DPW PPNI Sulsel.

” Permasalah APD bagi tenaga perawat akan terus muncul setiap hari karena kebutuhan di Rumah Sakit sangat banyak setiap hari tetapi usaha dari semua relawan dan donatur dalam memenuhi kebutuhan APD akan sangat membantu tim yang bertugas. Permasalahn APD ini harus segera dipikirkan solusinya oleh pemerintah. Kami ucapakan terima kasih kepada HPHI Sulsel atas bantuannya dan kami akan segera menyalurkan ke daerah-daerah yang saat ini kita lakukan pendataan dengan asas kebutuhan”, ungkap Abdul Rakhmat Ketua DPW PPNI Sulsel . (*)