oleh

Pelabuhan Nusantara Parepare Sudah Mulai Dipadati Oleh Penumpang Asal Kalimantan

PAREPARE, koranmakassarnews.com  — Menjelang hari raya idul fitri 1443 Hijriyah tahun 2022, kepadatan penumpang  sudah mulai terihat di Pelabuhan Nusantara Parepare dari pulau Kalimantan. Dua kapal swasta yang baru tiba dari pulau Kalimantan, seperti KM Thalia dari Nunukan Kalimantan Utara membawa penumpang dengan jumlah 1.189 orang, sementara KM Adhitia yang tiba dari Samarinda Kalimantan Timur membawa penumpang sebanyak 888 orang,

Penumpang yang turun di pelabuhan nusantara Parepare, merupakan perantau yang baru melakukan mudik, setelah dua tahun tertahan di perantauan sebab pandemi covid-19.

Kapala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Parepare, Kapten Sahrun Aziz mengatakan, hari ini ada dua kapal yang datang KM Thalia dari Nunukan dan KM Adhitia yang tiba dari Samarinda.

“Kita sudah melihat sudah ada peningkatan jumlah penumpang yang tiba di Parepare, terutama penumpang yang berasal dari Nunukan Kalimantan Utara, presentasenya sudah mencapai 100 persen. Kami sudah memprediksi akan terjadi peningkatan penumpang, mengingat warga mulai mudik lebih awal. Kamipun sudah memprediksi dari awal bahwa akan ada peningkatan arus mudik untuk lebaran tahun ini”, jelas Sahrun Aziz.

Pihaknya melihat ini mudik lebih awal untuk menghindari mungkin ada lonjakan arus penumpang pada saat mendekati hari lebaran.

“Kami juga tetap selalu berkoordinasi oleh Dinas Terkait dan Polsek KPN Polres Parepare, untuk selalu memperketat pemeriksaan dokumen perjalanan yang lengkap, sebab tadi di temukan ada penumpang yang naik di pelabuhan tujuan ternyata dokumen perjalanan nya tidak lengkap. Jadi kalau ada yang di temukan seperti tidak vaksin, akan di suruh vaksin dan kalau tidak ada antigen kami akan menyuruh antigen, baru meninggalkan pelabuhan, “tambah Kapten Sahrun Aziz.

baca juga : Presiden: Keselamatan Masyarakat Saat Mudik Prioritas Utama Pemerintah

Sementara itu, salah seorang penumpang asal Nunukan yang baru tiba di Parepare, Akmal menyatakan, dirinya mudik lebih cepat untuk menghindari kepadatan, menjelang saat puncak arus mudik.

“Kami mau lebaran di kampung pulang lebih cepat supaya tidak berdesakan di atas kapal saat jelang hari raya idul fitri”, ucap Akmal.

Di ketahui sejak sepekan terakhir, pelabuhan nusantara Parepare terus di padati pemudik yang tiba dari pulau Kalimantan, menjelang hari raya idul fitri tahun ini. (Sis)