oleh

Pemkab Enrekang Paparkan Berbagai Program Inovasi di Monev Germas Pemprov Sulsel

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Kegiatan yang bertajuk Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Germas Se-Sulsel, yang berlangsung mulai 16-18 November 2021 di digelar di Arya Duta Hotel Makassar ini dihadiri oleh perangkat daerah Prov. Sulsel dan perwakillan Bappeda se-Sulsel serta Kabid Kesmas, Kasie Promkes 24 Kab/Kota.

Salah satu peserta yang hadir yakni Pemkab Enrekang diminta memaparkan contoh pelaksanaan Germas, program dipaparkan langsung Kadis Kesehatan Enrekang, Sutrisno, SE, S.KM, MM.

“Enrekang sudah memiliki kebijakan Germas, Forum Koordinasi Germas Kabupaten hingga Kecamatan, serta ada beberapa inovasi seperti Jumpa Darling (Jumat Pagi Sadar lingkungan) yang rutin digelar tiap Jum”at Pagi dan diselenggarakan di semua Desa”, papar Sutrisno, kamis (18/11/21).

Dia menambahkan bahwa di Kec. Buntu Batu, dan di Kec. Bungin juga dilaksanakan inovasi “Gembira (Gerakan masyarakat Bungin) dengan rangkaian makan buah, olahraga rutin dan cek kesehatan berkala.

“Kini Kab. Enrekang memiliki 16 kebijakan berwawasan kesehatan, baik Perda, Perbup, Instruksi Bupati, Keputusan Bupati dan Surat Edaran Bupati dalam mendukung Germas”, tambahnya.

baca juga : Pariwisata Enrekang Tak Sekadar Cantik Menarik, Juga Aman dan Antisipatif

Tak hanya itu Ketua Persakmi Cabang Enrekang itupun turut memaparkan bagaimana usaha-usaha bersama bagaimana Enrekang bisa melaksanakan Germas dengan baik, dalam materinya kadis Kesehatan Enrekang juga menyinggung keberhasilan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan mendapat penghargaan untuk kategori penjangkauan sasaran, dan menggunakan teknologi tepat guna.

“Hal ini terkait bagaimana usaha Pemkab Enrekeng bersama TNI, Polri melalui babinsa dan babinkantibmas dalam menjangkau sasaran di Desa- Desa terpencil dengan menyediakan jasa ojek antar jemput vaksinasi, serta pelaksanaan vaksinasi saat bulan ramadhan”, tutur Sutrisno.

Kab. Enrekang juga mendapat penghargaan untuk pelaksanaan PIS-PK untuk Puskesmas Malua Kab. Enrekang juga meraih terbaik IKS tertinggi ke 3 di indonesia untuk kategori Puskesmas Perdesaan.

Terkahir dalam materinya Kadinkes Enrekang menyampaikan keberhasilan Pemkab. Enrekang mendapat penghargaan STBM Kab. ODF, dan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat Swasti Saba Wistara Tahun 2021. (ZF)