oleh

Peringatan HAN, Wabup Enrekang Asman Terima Penghargaan KLA 2023

MAKASSAR, koranmakassarnews.com —- Wakil Bupati Enrekang Asman menerima penghargaan Kabupten/Kota Layak Anak tahun 2023. Penyerahan penghargaan berlangsung dalam rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Maxone Makassar, Selasa 15 Agustus 2023.

Acara ini dihadiri Plt. Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kemenpppa Rini Handayani, SE.MM, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman beserta forkopimda.

Penghargaan KLA, kata Rini Handayani, diberikan kepada kabupaten/kota yang mempunyai komitmen tinggi mendukung kebutuhan dan perlindungan anak melalui proses evaluasi oleh tim Kementerian PPPA.

“Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak ini merupakan bentuk apresiasi kami atas segala upaya dan keseriusan Gubernur, Bupati, Walikota, dan jajarannya yang telah serius berupaya menghadirkan wilayahnya yang aman bagi anak,” ujar Rini.

Terdapat 19 Kabupaten/Kota yang meraih penghargaan Kategori Utama, 76 Kategori Nindya, 139 Kategori Madya, dan 135 Kategori Pratama.

baca juga : Bupati Enrekang Buktikan Peduli Honorer, Buka 763 Formasi Tahun Ini

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman berterima kasih kepada Pemda yang berhasil mempertahankan dan meningkatkan raihan KLA.

“Kita brharap lewat predikat KLA ini, Sulsel menjadi yang terdepan dalam menekan pernikahan anak usia dini, putus sekolah serta mempercepat penurunan stunting,” kata Gubernur.

Wabup Asman menyebut penghargaan KLA ini berkat kerja keras OPD terkait, juga berkat partisipasi masyarakat.

“Semoga status KLA ini memotivasi kita semua untuk bekerja lebih keras, meningkatkan program, regulasi dan fasilitas di Enrekang semakin layak anak,” ujar Asman.

baca juga : Kondusif dan Sejahtera, Kunci Kesuksesan Karir Forkopimda Bertugas di Enrekang

KemenPPPA mengimplementasikan kebijakan pembangunan KLA untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Dalam penyelenggaraan KLA ini, KemenPPPA melakukan Evaluasi Pelaksanaan KLA melalui berbagai indikator yang turut dipantau dan dianalisis guna melihat kemajuan yang telah dilakukan secara berjenjang sesuai dengan kewenangannya.(*)