oleh

PT Pelindo l Tingkatkan Kewaspadaan, Antisipasi Penyebaran Virus Corona

MEDAN,koranmakassarnews.com—Antisipasi virus Corona PT Pelabuhan Indonesia I Persero (Pelindo), semakin meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi. Dengan menempatkan petugas-petugas kesehatan di pelabuhan-pelabuhan.

Itu disampaikan, Humas Pelindo I Fiona Sari Utami dalam keterangan tertulisnya yang di terima koranmakassarnews.com, Kamis (30/01/2020).

“Di beberapa areal terminal penumpang Pelindo l telah dipasang alat thermal scanner untuk pendeteksi suhu tubuh sebagai antisipasi penyebaran virus corona, seperti di Terminal Penumpang Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, dan Dumai,” Terang Fiona

Kembali dia menyampaikan, seluruh cabang pelabuhan di lingkungan Pelindo l, telah berkoordinasi secara intensif dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Dinas Kesehatan setempat, untuk melakukan pemeriksaan bersama pada penumpang embarkasi serta debarkasi . Pihak juga melakukan pengawasan crew/awak kapal asing yang sedang bersandar.

Baca  Juga : Pelindo IV Siapkan Thermo Detector di Pelabuhan, Waspadai Corona

Melanjutkan, pemantauan serta pemeriksaan penumpang dimulai dari dermaga, hingga ke pintu masuk dan keluar. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan juga Syabandar terus bersiaga.

“Petugas KKP melakukan pemeriksaan intensif sebelum kegiatan bongkar muat di laksanakan, di mana kegiatan pemeriksaan ini tidak saja dilakukan pada saat isu virus corona mewabah, namun kegiatan rutin yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku di pelabuha,” ujarnya.

Manajemen Pelindo l mengimbau, agar para petugas lapangan baik di terminal penumpang maupun di dermaga selalu menggunakan masker dan sarung tangan.

Diketahui, pelabuhan yang masuk dalam wilayah Pelindo l diantaranya, Tanjung pinang, Tanjung Balai Karimun, Dumai, serta Tanjung Balai Asahan yang melayani penumpang internasional yang berasal dari Singapura dan Malaysia.(*)