oleh

TNI Polri Bersama Banser Ansor Maros Masih Mencari Korban Tanah Longsor Cenrana

MAROS, koranmakassarnews.com — Hari kedua evakuasi tanah longsor di Rompegading, Kader Banser bersama TNI-Polri melibatkan dua anjing pelacak dalam pencarian para korban yang tertimbun.

Tanah longsor yang terjadi di Jalan poros penghubung Maros-Bone, Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Selasa (27/12/2022) kemarin mengakibatkan laju lalulintas terputus untuk sementara.

Longsor yang terjadi dijalan poros provinsi Sulawesi Selatan tersebut masih lumpuh sampai saat ini, akibatnya Kendaraan belum bisa melintas karena jalan masih tertutup material longsor.

Kasatkorcab Banser Maros, Abustan Djunaedi menyampaikan bahwa akses jalan masih buka-tutup karena masih dalam tahap pencarian korban, dan masih kerap terjadi longsor susulan akibat curah hujan deras yang masih melanda titik longsor.

“Kami berharap aktivitas masyarakat yang ingin menggunakan akses jalan poros Maros-Bone dihentikan terlebih dahulu karena lokasi masih hujan deras, jangan sampai ada longsor susulan, ujarnya saat turun langsung dilapangan melakukan upaya evakuasi bersama jajaran kader Ansor/Banser Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Cenrana”, jelas Abustan, kamis (29/12/22)

Balita Alif berhasil selamat dari musibah tanah longsor

Abustan yang ikut dalam pencarian menambahakan, ada 6 warga yang hilang, 2 sudah ditemukan namun 1 telah meninggal dunia dan yang masih hidup seorang anak. Sementara 4 orang masih dalam pencarian.

Sementara itu Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Cenrana, Muhammad Alif menyampaikan bahwa ada 2 rumah warga yang ikut tertimbun material tanah longsor dan 2 unit mobil jatuh dan hanyut ke sungai akibat hantaman tanah longsor.

Ditempat yang sama AKP Hamzah Dumrah, selaku Kasat Binmas Polres Maros yang diwawancarai mengatakan baru satu orang korban yang tertimbun berhasil ditemukan dalam keadaan tak bernyawa atas nama Ilham umur 48 thn jenis kelamin laki laki.

baca juga : Dirlantas Polda Sulsel Kunjungi Lokasi Longsor di Cenrana Kabupaten Maros

Sementara itu istri bersama 4 orang anaknya ditambah dengan ibu kandung dari almarhum ilham belum berhasil ditemukan. Kelima korban tersebut adalah sebagai berikut .
1. Emy umur 42 tahun istri dari almarhum ilham
2. Dillah umur 16 tahun seorang pelajar kls 2 SMA anak dari almarhum ilham
3. Adel umur 12 tahun anak dari almarhum ilham
4. Celung umur 2tahun 6 bulan anak dari almarhum Ilham
5. Rimmang umur 70 thn ibu kandung almarhum Ilham

Jenazah Ilham ditemukan dirumahnya hari ini sejak pukul 08.30 oleh tim gabungan TNI Polri, Banser Ansor Maros dan Basarnas. Syukur alhamdulillah anak laki laki mendiang bernama Alif yang sudah terseret lumpur, berhasil menyelamatkan dirinya dengan berpegangan di pohon bambu untuk menghalau terjangan lumpur yang mengenai badannya dan patut disyukuri nyawa Alif masih bisa tertolong diselamatkan warga dan tim dalam kondisi badan yang sangat lelah dan traumah berat.

Hingga berita ini tayang, arus lalu lintas jalan dititik bencana tanah longsor masih macet total dari dua sisi karena masih ditutup oleh pihak kepolisian karena masih dilakukan upaya pencarian 4 orang diduga tertimbun longsor. (*)