oleh

Alumni SMA, SMK, MAN Angkatan 97 Makassar Bakal Menggelar Mubes I

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Komunitas yang terbentuk di tahun 2018 lalu ini bisa dikatakan adalah yang pertama di Indonesia pasalnya hampir semua sekolah menengah atas baik negeri maupun swasta di Kota Makassar khusus lulusan tahun 1997 berkumpul didalam komunitas ini.

Hal tersebut diungkapkan Pj Ketua Komunitas Alumni 97 Makassar, Dody saat menggelar press conference di Hotel Gammara, sabtu siang (8/1/22).

“Alhamdulillah kami sengaja menggelar konferensi pers ini karena ingin mempublikasikan kegiatan kami yakni Mubes I Komunitas Alumni 97 Makassar yang akan digelar di Baruga Angin Mamiri pada 22 Januari 2022 mendatang”, jelas Dodi yang juga Alumni SMA Negeri 2 Makassar ini dan diketahui merupakan inisiator lahirnya Komunitas Alumni 97.

“Teman-teman SMA 2 sebagai inisiator. 2018 mulai mengadakan pertemuan-pertemuan. Awalnya hanya ada delapan perwakilan sekolah dan kini sudah berjumlah 43 sekolah. Komunitas dengan tagline menyatu dalam keberagaman ini merupakan angkatan 1997 dari berbagai SMA, SMK dan MAN baik negeri maupun swasta”, sambung Dody.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Mubes I Komunitas Alumni 97 Makassar, Rizal mengatakan, komunitas ini terbentuk bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar angkatan 97 di Kota Makassar sekaligus memperkuat persatuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa dalam mensejahterakan kehidupan bangsa.

“Terbentuknya komunitasi ini juga untuk menghindari terjadi disintegrasi bangsa meski masih dalam skala yang kecil”, tambah Rizal yang merupakan alumni SMA 14 Makassar.

Sementara itu, Steering Committe Mubes, Gita Ikayani menuturkan, pemilihan ketua dilakukan dengan cara voting.

“Lima orang perwakilan setiap sekolah yang hadir dalam Mubes. Dalam pemilihan ketua setiap perwakilan sekolah memiliki tiga hak suara,” kata Gita.

Rencananya, Mubes tersebut akan dibuka langsung Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Dan pelantikan pengurus nantinya dilakukan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Usai Mubes, Alumni 97 Makassar akan melaksanakan reuni akbar.

baca juga : Jelang Reuni Perak 25 Tahun, Alumni SMAN 5 Makassar Angkatan 97 Gelar Berbagai Kegiatan

“Reuni akbar ini akan mengejar rekor MuRI sebagai komunitas pertama yang terbentuk dari satu angkatan dengan beberapa sekolah”, ujar Gita alumni SMA 2 Makassar.

Lukie yang juga salah satu SC Mubes I nanti menambahkan kalau komunitas sebagai organisasi, alumni 97 ini tidak berafiliasi dengan politik, dan tidak ada hubungannya dengan politik.

“Sehingga jangan berasumsi macam macam untuk mengkaitkan organisasi ini dengan kepentingan politik, sebagai person, maka hak setiap warga masyarakat untuk menentukan pilihan politiknya”, tambah Lukie alumnus SMA 4 Makassar.

Ditempat terpisah, Zulkifli Thahir yang juga alumni SMA Negeri 5 Makassar angkatan 97 menyatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh teman teman alumni 97 ini perlu diberi apresiasi yang setinggi-tingginya, mengingat komunitas semacam ini belum pernah ada di Indonesia.

“Patut diberi apresiasi ide teman teman alumni 97, keren karena dapat mengumpulkan kami semua dari sekolah yang berbeda beda dan menjadi satu dalam wadah ini, semoga acara Mubes I ini dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan kita semua”, tutup Abang Chuleq sapaan akrabnya. (*)