oleh

Andi Pamadengrukka Mappanyompa Sebut Panglima Ta’ Adalah Keturunan Asli To Manurung Nan Bijak dan Religius

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Ketua Agung Pengurus Pusat Majelis Keturunan To Manurung Yang Mulia Andi Pamadengrukka Mappanyompa mengatakan, Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki (Panglima Ta’) adalah keturunan asli To Manurung yang dikenal bijak dan religius serta terkenal dengan integritasnya.

“Panglima Ta’ ini mewakili Gowa, Bone, Luwu Raya dan Toraja. Bahkan di seluruh wilayah di Sulsel. Jadi tidak ada lagi keraguan untuk memimpin Sulsel. Kami pun sepakat mendukung penuh untuk membawa Sulsel jauh lebih maju dan bermartabat,” ungkapnya di Makassar, baru – baru ini.

Menurutnya, Sulsel negerinya para raja. Banyak kerajaan yang turut membangun Sulsel dan kini keturunannya sudah menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Keturunan To Manurung juga tersebar di 24 kabupaten dan kota di Sulsel.

Raja asal Sulsel ini diyakini berasal dari keturunan yang sama yakni To Manurung atau dapat diartikan manusia yang berasal dari langit.

Mendengar pernyataan Ketua Majelis To Manurung tersebut, Panglima Ta’ yang juga Dewan Penasehat Majelis Keturunan To Manurung mengaku terkejut. Hal itu, kata Panglima Ta’, merupakan sebuah amanah yang harus dijalankan.

baca juga : Panglima Ta’ : Harus Ada Keturunan To Manurung Jadi Pemimpin

Menurutnya, To Manurung lebih mendahulukan rakyat dibanding kepentingan pribadi. Sehingga menurutnya, susah saat keturunan To Manurung ini menjadi pemimpin yang akan membawa daerah jauh lebih sejahtera.

“Saat ini kondisinya terbalik. Pemimpin malah mementingkan diri sendiri dan kelompoknya. Rakyat diabaikan dan jauh dari kata sejahtera. Ini adalah realita yang terjadi,” kata Panglima Ta’.

Untuk itu, perlu dirinya mendorong adanya sebuah gebrakan yang mampu membalikkan keadaan. Yakni masyarakat sejahtera dengan pemimpin yang adil.

“Bukan malah sebaliknya, pemimpinnya makin kaya, rakyatnya sengsara,” pungkasnya. (*)

Komentar