oleh

Baru Saja Sandar, KMP Billi Terbalik di Pelabuhan Perigi Piai Sambas Kalbar

SAMBAS, koranmakassarnews.com — Kapal Motor Penumpang (KMP) Billi yang baru sandar di pelabuhan Perigi Piai dari pelabuhan Tebas Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dikabarkan mengalami kecelakaan.

Meski sudah diikat tali tambat, KMP Billi yang diawaki 15 orang dan mengangkut 73 penumpang ini tiba-tiba saja terbalik, Sabtu (20/2/2021) sekira pukul 13:00 waktu setempat.

Selain memuat penumpang KMP Billi juga memuat 40 unit kendaraan roda dua, 2 unit kendaraan roda 4 pribadi dan 11 unit truk.

Saksi mata di tempat kejadian menyebutkan sesaat setelah sandar suda 3 unit kendaraan roda dua yang sempat turun dan sampai ke daratan, sementara kendaraan lain masih di dalam kapal menunggu giliran untuk keluar turun.

baca juga : Tiga Orang ABK WNI Dinyatakan Hilang Dalam Kecelakaan Kapal Korea Selatan

Diperoleh keterangan dari salah seorang ABK, penyebab terbaliknya kapal tersebut diduga diakibatkan karena tali tambat putus, namun jika dilihat dari video yang beredar di Medsos, ada air masuk ke kapal pada saat kapal sandar, dugaan sementara bocor (secara visual dari video).

Para petugas terkait diantaranya dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), PT. ASDP, PT. Jasa Raharja, Jasa Raharjaputera dan BNPB serta instansi terkait lainnya segera menindaklanjuti kejadian ini dengan bergegas menuju ke lokasi, Perigi Piai.

Sampai saat ini belum diperoleh data adanya korban jiwa akibat kejadian ini.

Berikut data kapal yang mengalami musibah :
Nama Kapal: KMP BILI
Pemilik : PT ASDP IF
Bobot : 261 GT
Spesifilasi :
-Panjang Keseluruhan (Loa) : 38.5 meter
-Panjang Antara Garis Tegak (Lpp) : 33.5 meter
-Lebar : 10.5 meter
-Tinggi : 2.5 meter
-Sarat Air : 1.8 meter