oleh

Healty Cities Summit Semarang 2022, Wali Kota Makassar Paparkan Inovasi Kemandirian dan Tata Kelola RSUD

SEMARANG, koranmakassarnews.com ~ Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto tampil sebagai narasumber pada seminar nasional Inovasi penguatan kemandirian dan tata kelola serta Best Practise Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Seminar nasional ini merupakan sesi keempat dari rangkaian acara event Summit Seminar dan Expo Kabupaten/Kota Sehat (Healthy City Summit) Tahun 2022 di Kota Semarang. Yang diadakan di Pancowati Patra Semarang Hotel dan Convention. Selasa (29/3/2022).

Seminar ini juga merupakan bentuk kerjasama Pemkot Semarang bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). diketuai Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor.

Di hadapan peserta yang hadir Wali Kota Danny, berbagi pengalaman tentang bagaimana proses transformasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar, dari rumah sakit daerah yang tidak diperhitungkan kini menjadi rumah sakit daerah yang modern.

Walikota Makassar bersama Walikota Bogor

Danny menuturkan pada saat dirinya terpilih menjadi Walikota periode pertama, dirinya fokus membangun bidang kesehatan.

“Suatu kehormatan bagi saya, membangun sistem kepala kesehatan rumah sakit Daya. Dimana rumah sakit milik Pemkot tersebut sekarang istimewa karena 97,5 persen menanggung BPJS dari 1,6 juta penduduk yang menetap di Makassar,” ucap Danny.

baca juga : Wali Kota Makassar Gaungkan Hidup Sehat Dengan Menjaga Asupan Makanan

Danny menjelaskan akibat konsekuensi yang tidak bisa menahan laju urbanisasi, dikarenakan hampir kurang lebih 100 ribu warga, keluar masuk Makassar.

Yang menurutnya menjadi persoalan utama dikota besar adalah mereka yang tidak terbit KTPnya, karena akte kelahiran tidak terbit, akte kelahiran dari kampung asalnya tidak ada.