oleh

Hendra Wijaya Catatkan Diri Sebagai Profesor Termuda Bidang Ilmu Pendidikan Teknologi Kejuruan

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Gelar Profesor termuda kembali diraih oleh Universitas Negeri Makassar dalam bidang ilmu Pendidikan Teknologi Kejuruan. Hendra Jaya mencapai puncak karir tertinggi dibidang akademik dalam pencapaiannya sebagai guru besar, berhasil diraihnya dalam usia 40 tahun.

Pria kelahiran Makassar ini merupakan anak pertama dari 4 bersaudara pasangan dari H. Misi dan Hj. Haisyah sejak dulu memiliki segudang prestasi. Saat sarjana menjadi wisudwan terbaik fakultas, magister termuda dari UGM, serta Doktor termuda UNY Yogyakarta dalam usia 30 Tahun.

Hendra Jaya terangkat sebagai Dosen PNS dilingkungan UNM sejak tahun 2005 dan saat ini jabatannya sebagai Ketua Program studi Program sarjana terapan Teknik Elektronika FT UNM tidak membuat karir berhenti karena kesibukan jabatan strukturalnya.

Hendra Jaya membuktikan bahwa produktivitas dan manajemen waktu sangat menentukan keberhasilan seseorang. Peraih Penghargaan Dosen Pengabdi Terbaik III se UNM, Dosen Peneliti Terbaik II se UNM, Dosen Berprestasi I se UNM, dan Kaprodi Berprestasi 1 se UNM (Dengan Hadiah Umroh dari bapak Rektor UNM). Berbagai artikel pada jurnal bereputasi yang berhasil dipublikasikan, Sejumlah HKI dan Buku referensi, lolos pendanaan proposal penelitian dan pengabdian baik skala Nasional DRTPM Dikti dan Internasional telah diraihnya.

baca juga : Tingkatkan Kemampuan Riset Mahasiswa Lewat Investigasi, Sintalaras UNM Buka Sekolah Advokasi

Penelitiannya dalam bidang teknologi pendidikan khususnya di sekolah kejuruan (SMK) telah membawa dampak proses pembelajaran melalui Virtual Laboratory dan Remote laboratory yang berhasil ia kembangkan terutama pada masa pandemi Covid-19 yang lalu.

Remote Laboratory yang dikembangkan digunakan oleh siswa SMK dalam melakukan proses praktikum secara jarak jauh, melalui hasil temuannya diundang menjadi pembicara Nasional dalam salah satu acara Seminar dengan tema “Peranan Virtual laboratory di masa pandemi covid-19” bersama dosen UGM dan juga sebagai narasumber tunggal dalam workshop virtual laboratory pada Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) Jakarta. Juga Aktif sebagai Visiting Research di Malaysia, Singapura, dan Hongkong.

baca juga : Walikota Makassar Ucapkan Selamat Atas Ujian Promosi Doktor, Letjen TNI Purn Agus Surya Bakti

Dari 15 profesor yang diumumkan oleh rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.Tp., IPU., ASEAN. Eng. Hendra Jaya, tergolong dengan usia belia menyandang gelar profesor muda yang dimiliki oleh Universitas Negeri Makassar dan Indonesia dalam bidang pendidikan Teknologi Kejuruan.

Dengan motto “Demi Cita dan Cinta”, semoga bisa menjadi motivasi bagi teman-teman dosen, para mahasiswa dan generasi muda yang saya yakin jauh lebih baik dari saya saat ini serta mau mengabdikan dirinya untuk agama, bangsa dan negara, serta masyarakat untuk membangun daerah asalnya, nama ditulis dengan huruf-huruf besar, lahir dari sebuah tekad yang besar, pungkasnya. (*)