oleh

Hidup di Rumah Tak Layak Huni, Kakek Viral Kenakan Seragam SMA saat Lebaran Senang Dapat Bantuan Wagub Sulsel

BONE, koranmakassarnews.com — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memberikan bantuan kepada keluarga Sakka (88) di Kabupaten Bone. Bantuan berupa sembako dan pakaian itu dibawa oleh staf Wagub Sulsel ke kediaman Sakka di Palattae, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Rabu (5/8/2020).

Sakka ternyata hidup di tengah kemiskinan. Ia tinggal di rumah panggung tidak layak huni. Dinding rumahnya dari papan itu banyak yang bolong-bolong. Bahkan tiang kayu di rumahnya sudah lapuk.

Bahkan toilet yang berdiri dibelakang rumahnya itu memprihatinkan. Tiang kayu yang atapnya seng dengan menggunakan tenda maupun sarung sobek digunakan penutup disekeliling toiletnya itu. Di rumah itu, Sakka hidup bersama istrinya, Sitti dan iparnya atau saudara istrinya. Di dalam rumahnya, kondisinya berantakan. Pakaian berserakan dikarenakan tidak adanya tempat penyimpanan atau lemari.

Meski diusianya yang tua dan kurang baik pendengarannya, Sakka tetap bekerja. Apalagi tidak ada anaknya. Kesehariannya, Sakka bekerja sebagai petani di sawah milik orang lain. Terkadang tetangga maupun keluarga yang tinggal didekat rumahnya itu membantu untuk keluarga Sakka.

Keluarga Sakka pun merasa senang mendapat bantuan dari Wagub Sulsel. Bantuan ini pun sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-harinya. Saking senangnya, Sakka pun langsung mengenakan pakaian barunya dan istrinya pun langsung mencoba kenakan hijab bantuan dari Wagub. Tak lupa pula, ia dan istrinya mengenakan masker dari Wagub Sulsel.

baca juga : Potensi Wisata di Hutan Pinus Bulu Tanah, Warga Bone : Terima Kasih Wagub Sulsel

Sakka menyampaikan, bahwa dirinya senang mendapat masker yang menyerupai wajah Wagub Sulsel. Saat diberi masker berwajah Wagub Sulsel, Sakka mengatakan, “Begini dulu (masker) punyaku tapi hilang di sawah. Terima kasih bantuannya pak Wakil Gubernur Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Staf Wagub Sulsel, Arman mengatakan, “Hari ini kami membawakan bantuan kepada keluarga bapak Sakka. Alhamdulillah, bapak Sakka sangat senang dengan kedatangan kami,” ujarnya.

“Kami sedih melihat kondisi keluarga bapak Sakka. Reaksi istrinya pun sangat senang. Inilah kepuasan yang buat kami kuat dalam berbagi,” tambah Arman.

Sebelumnya, kakek Sakka viral di sosial media karena mengenakan seragam Sekolah Menengah Atas (SMA) saat salat Idul Adha di Kabupaten Bone, 31 Juli 2020 lalu. (*)