oleh

Jelang Perhelatan Reuni Raya, IKA SMANSA Maros Laksanakan Program Bakti Guru

MAROS, koranmakassarnews.com — Dalam rangka menganyam hubungan yang lebih kokoh antar alumni dan ekosistem sekolah pada lingkup SMANSA Maros utamanya dengan guru-guru purna bakti, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMANSA Maros melaksanakan suatu program yang disebut Bakti Guru.

Tujuan program ini agar silaturahim antar alumni dengan guru-guru purna bakti terus terjalin secara erat dan harmoni. Selain itu, juga untuk memberikan apresiasi serta motivasi agar guru-guru purna bakti tetap memiliki spirit dan harapan yang kuat dalam menjalani aktivitas kehidupan paska aktif sebagai guru.

Program Bakti Guru kali ini dilaksanakan menjelang perhelatan Reuni Raya 2023 yang bertepatan dengan libur hari raya Idul Fitri 1444 H, sehingga dijadikan sebagai side event Reuni Raya. Pengurus Besar IKA SMANSA Maros bersama dengan Panitia Pelaksana Reuni Raya 2023 pada hari Minggu dan Senin, 16 – 17 April 2023 menyambangi kediaman sejumlah guru purna bakti.

Ketua Umum IKA SMANSA Maros A. Sukarman Muchsinuddin yang didampingi Sekretaris Panitia Pelaksana Reuni Raya 2023 Andi Nurjaya Nurdin dan anggota Panitia Pelaksana lainnya, mengatakan bahwa program Bakti Guru ini bagian dari upaya IKA berbagi kasih dan kepedulian sekaligus melengkapi kebahagiaan yang dirasakan oleh guru-guru purna bakti menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Bakti Guru dilakukan dalam bentuk pemberian bingkisan lebaran bagi guru-guru purna bakti.

“Saya merasa sangat senang dan bahagia, karena ternyata anak-anak yang saya didik di SMANSA banyak yang telah mencapai karir yang hebat, dan ini suatu kebanggaan karena menjadi bukti bahwa apa yang saya lakukan dahulu berbuah kesuksesan. Guru yang hebat adalah yang mampu melahirkan anak didik yang melebihi gurunya”, ucap spontan dari Bapak Drs. Rajuni Syam salah satu guru purna bakti.

“Saya merasa sehat dan bersemangat, meskipun habis sakit. Kehadiran anak-anakku adalah obat yang paling mujarab bagi kami yang sudah purna ini”, kata Drs. H. A. Azis Sakaria guru Geografi handal SMANSA Maros ketika itu. Hal senada juga diucapkan oleh Ibu Mawardi Noor, BA guru Kimia yang telah purna bakti beberapa waktu lalu

baca juga : IKA SMAN 5 Makassar Angkatan 97 Kembali Menggelar Safari Ramadhan ke 15

“Kebahagian yang tertinggi dirasakan oleh saya sebagai guru adalah saat melihat anak-anak didik saya menjadi orang-orang penting”. Lain pula dengan ekspresi ucapan Ibu Nurfatma, S. Pd, MM guru Biologi dan Bapak Drs. Musyafir, MM guru Fisika yang juga telah purna bakti, bahwa “anak-anak yang dahulu masih lugu namun lincah dan kreatif sekarang sudah menjadi orang, semoga apa yang diraih saat ini digunakan untuk kemajuan pendidikan di sekolah, daerah dan bangsa”.

“Ada sekitar 25 guru purna bakti yang akan kami datangi kediamannya baik yang di Maros, Gowa maupun di Makassar. Inshaa Allah, bingkisan ini akan kami sampaikan secara langsung, meskipun kediaman guru-guru kami berada di luar Maros dan perlu menggunakan bantuan google map untuk menemukannya, agar kerinduan untuk silaturahim karena sudah lama tidak berjumpa dapat terobati, dan semoga Bakti Guru ini dapat menjadi preseden baik bagaimana merawat relasi harmoni antar alumni dengan guru-gurunya”, pungkas A. Sukarman Muchsinuddin. (*)