oleh

Ketua KONI Sulsel Harap Kejuaraan U20 Piala Gubernur Lahirkan Pesepakbola Masa Depan

BONE, koranmakassarnews.com — Yasir Machmud, SE, Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan (Sulsel), menghadiri laga penutupan Kejuaraan Sepakbola U20 Mappesangka yang memperebutkan Piala Gubernur 2023 di lapangan Mappesangka Kabupaten Bone, Minggu 23 Juli 2023.

Ajang tersebut menjadi sorotan utama bagi 28 tim sepak bola yang terdiri dari 24 kabupaten/kota dan 4 klub, yang turut berpartisipasi dalam kegiatan bergengsi yang dihelat di kampung halaman Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang bergulir sejak tanggal 17 hingga 23 Juli 2023.

Laga final yang mempertemukan Tim PS Jeneponto dan Tim PS AAS Comunity juga dihadiri oleh Kadispora Sulsel mewakili Gubernur, Dandim 1407 Bone, Kapolres Bone, Ketua KONI Kab Bone, Andi Haidar, Ketua Panitia Andi Rasdi. Tak ketinggalan, masyarakat dan oficial 24 kab/kota juga hadir memeriahkan laga final yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di daerah tersebut.

Hingga akhir babak kedua, kedua tim masih bermain imbang dengan skor 0-0. Namun, pada menit ke-83, Tim PS AAS Comunity yang di manajeri oleh Andi Amar Amran Sulaiman berhasil mencetak gol dan mengakhiri pertandingan dengan skor 1-0, dan keluar sebagai pemenang dan berhak atas Piala Gubernur 2023.

Kadispora Sulsel yang membawa sambutan Gubernur mengungkapkan komitmen pemsrintah untuk terus menggelar kejuaraan-kejuaraan sejenis guna menemukan dan melatih para atlet berbakat guna mengharumkan nama Sulsel di pentas olahraga nasional maupun internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Yasir Machmud juga menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya ajang ini sebagai laga seleksi untuk menemukan atlet-atlet potensial berusia 20 tahun. Menurutnya, kejuaraan ini menjadi sarana untuk mencari bibit-bibit atlet potensial yang kelak akan mewakili Sulawesi Selatan dalam ajang-ajang olahraga nasional maupun internasional.

Yasir Machmud menambahkan bahwa besarnya animo masyarakat di Kabupaten Bone terhadap olahraga sepak bola menjadi pendorong baginya untuk mengadakan kejuaraan tingkat kecamatan di wilayah tersebut kedepannya.

baca juga : Yasir Machmud Sebut KBP Faizal Adalah Sosok Ramah dan Amanah

Rencana kedepan, KONI Sulsel bersama dengan AAS Foundation berencana untuk kembali menggelar laga tingkat kecamatan se-Kabupaten Bone pada bulan September 2023. Langkah ini diharapkan dapat terus membangun dan memperkuat potensi atlet sepak bola di daerah tersebut.

Dengan semangat yang tinggi dan komitmen dari KONI Sulsel, diharapkan bahwa Sulawesi Selatan akan terus menjadi gudang talenta sepak bola yang akan meraih prestasi gemilang di berbagai event olahraga baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Semoga kejuaraan ini menjadi titik awal bagi lahirnya generasi atlet-adalah yang akan membawa harum nama Sulawesi Selatan di kancah olahraga dunia”, harap Yasir Machmud. (*)