oleh

Ketua PMI Jeneponto Buka Pelatihan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

JENEPONTO, koranmakassarnews.com — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Jeneponto Muh. Islam Iskandar hadiri acara pembukaan pelatihan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), rabu (18/01/2023)

Keberadaan Relawan SIBAT dalam kehidupan bermasyarakat memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam hal penanggulangan bencana. Oleh karena itu, Relawan SIBAT perlu dibekali kemampuan melalui pelatihan penanggulangan bencana berbasis masyarakat (SIBAT Training)

Bertempat di Aula kantor camat Bontoramba, sejumlah relawan SIBAT mengikuti pelatihan penanggulangan bencana berbasis masyarakat (SIBAT Training)

Dalam sambutan camat Bontoramba Nur Lewa Saad S. Hut menjelaskan bahwa Relawan SIBAT dapat membantu pemerintah dalam hal ini pihak kecamatan dan BPBD untuk melakukan upaya penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi

“Masyarakat perlu terlibat dalam upaya penanggulangan bencana, oleh karena itu kita harus memastikan para relawan mendapatkan pembekalan yang cukup seperti yang dilakukan saat ini dengan orientasi agar mereka terlatih” tuturnya.

baca juga : Kadis LH dan Kebersihan Jeneponto Buka Rapat Panitia Tata Batas Kawasan Hutan

Sementara itu Ketua palang merah Indonesia (PMI) kabupaten Jeneponto Muh. Islam Iskandar menyebut peran relawan SIBAT tidak hanya berfungsi menguatkan peran masyarakat menanggulangi bencana, tetapi juga meningkatkan notifikasi Alert di suatu wilayah agar cepat tertangani.

“Alhamdulillah kegiatan orientasi dan pelatihan Berbasis Masyarakat ini diikuti oleh sejumlah Relawan SIBAT aktif dari berbagai segmentasi di masyarakat khususnya desa Maero, mudah-mudahan kedepan kita semua bisa besinergi,” harap Islam

Turut hadir Kepala desa Maero A. Mappada, kepala Lingkungan dan tokoh masyarakat setempat. (Harlin Palanrangi)