oleh

Klarifikasi Kepala Lapas Kelas II A Kota Parepare Terkait Video Demonstrasi Napi

PAREPARE, koranmakassarnews.com — Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Parepare, Zainuddin kembali mengklarifikasi adanya video yang beredar. Sekadar di ketahui, video tersebut berisi adanya aksi demo yang dilakukan sejumlah narapidana (napi) di dalam lokasi Lapas Kelas II A Parepare.

Terkait hal itu, Zainuddin juga membenarkan kejadian tersebut, serta video di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Parepare, minggu (31/7/2022).

Kejadian tersebut, berawal dari keinginan salah seorang napi narkotika yang ingin membesuk anaknya di Kabupaten Pinrang yang sedang sakit. Jadi saya sampaikan bahwa, jika ingin keluar ada prosedur, serta aturan – aturan dan katanya yang bersangkutan sudah memasukkan surat, tetapi suratnya belum diterima saat itu.

Kalapas Parepare berbaju putih saat menjelaskan kronologi kejadian

‘Setelah itu saya ajak ke depan dan memanggil bagian pembinaan, untuk memastikan berkasnya dan melihat kelengkapan suratnya,” jelas Zainuddin, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Parepare.

Lanjut Zainuddin menjelaskan, keluarga napi yang bersangkutan benar, telah menyertakan surat keterangan sakit dari Puskesmas. Hanya saja, belum di lengkapi permohonan izin untuk keluar.

‘Setelah saya sampaikan yang bersangkutan, tetap ngotot. Si napi berkata, apakah ini harus pake uang? Jadi saya kasih kebijakan, dengan berkoordinasi dengan pimpinan. Setelah itu, sayapun minta dia melengkapi surat permohonan setelah dia kembali’, sambung Zainuddin.

baca juga : Kapolda Sulsel Turun Langsung Amankan Laga Kandang Perdana PSM Makassar di Parepare

Terkait penyebar video tersebut, di duga berasal dari oknum anggota Lapas Kelas II A Parepare, karena napi tidak di perbolehkan dan di beri handphone, apalagi membawa handphone dalam lembaga. Tetapi, terkait isu yang mengatakan meminta uang, itu tidak benar adanya.

‘Kami tidak menapik banyak yang tidak merasa nyaman, ketika saya masuk di Lapas Kelas II A Parepare. Tetapi, penindakan terhadap anggota di lakukan secara internal, sesuai dan setelah melalui prosedur. Kamipun akan terus melakukan pembenahan, pembinaan dan perbaikan sistem, untuk memperbaiki citra Lapas Kelas II A Parepare dimasyarakat,” tutupnya. (Sis)

BERIKUT VIDEONYA ;