oleh

LSI Denny JA: Prabowo Gibran Di Ambang Kemenangan?

Anies Atau Ganjar Yang Tersingkir di Putaran Pertama?

𝐋𝐒𝐈 𝐃𝐄𝐍𝐍𝐘 𝐉𝐀
𝐃𝐞𝐬𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫 𝟐𝟎𝟐𝟑

koranmakassarnews.com — Akankah Prabowo-Gibran terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI berikutnya, 2024-2029?

Bagi Prabowo, Pilpres kali ini seperti lagu terkenal 𝘌𝘭𝘷𝘪𝘴 𝘗𝘳𝘦𝘴𝘭𝘦𝘺: 𝘐𝘵’𝘴 𝘕𝘰𝘸 𝘰𝘳 𝘕𝘦𝘷𝘦𝘳.

Sejak Pilpres tahun 2004, Prabowo sudah ikut konvensi Partai Golkar untuk menjadi calon Presiden. Pilpres 2024 adalah Pemilu Presiden kelima yang ia ikuti.

Pilpres 2004, Prabowo gagal menjadi Capres Partai Golkar. Pilpres 2009, ia menjadi Cawapres Megawati dan gagal. Pilpres 2009 dan 2014, Prabowo menjadi Capres dan kembali gagal.

Jika gagal lagi kali ini di Pilpres 2024, Prabowo sudah menyatakan akan pensiun saja dan naik gunung. Jika tidak sekarang di Pilpres 2024 terpilih menjadi Presiden, Prabowo tak akan pernah menjadi Presiden Indonesia. 𝙉𝙤𝙬 𝙤𝙧 𝙉𝙚𝙫𝙚𝙧!

Jika tak ada blunder yang besar di kubu Prabowo – Gibran di sisa waktu menuju Februari 2024, besar kemungkinan Prabowo tidak pensiun dan naik gunung. Kini Prabowo-Gibran di ambang kemenangan. Selisih elektabilitasnya di atas 18% terhadap semua kompetitor!

Prabowo – Gibran elektabilitasnya saat ini sebesar 42.9%.
Ganjar Pranowo – Mahfud MD berada di posisi kedua dengan elektabilitas 24.9%.
Posisi ketiga adalah Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas sebesar 24.0%.

Tambahan suara yang diperlukan Prabowo – Gibran untuk menang satu putaran lebih kecil dibandingkan tambahan suara yang diperlukan pasangan Ganjar – Mahfud dan Anies – Muhaimin untuk lolos ke putaran kedua.

Pasangan Prabowo – Gibran untuk menang satu putaran memerlukan tambahan suara 7.2%. Ganjar – Mahfud untuk masuk ke putaran kedua butuh tambahan 8.4%.
Anies – Muhaimin untuk masuk ke putaran kedua butuh tambahan 9.3%

Demikian temuan menarik dari hasil riset LSI Denny JA kali ini.

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (𝘧𝘢𝘤𝘦-𝘵𝘰-𝘧𝘢𝘤𝘦 𝘪𝘯𝘵𝘦𝘳𝘷𝘪𝘦𝘸) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1.200 responden, 𝘮𝘢𝘳𝘨𝘪𝘯 𝘰𝘧 𝘦𝘳𝘳𝘰𝘳 survei ini sebesar 2.9%.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, 𝘪𝘯-𝘥𝘦𝘱𝘵𝘩 𝘪𝘯𝘵𝘦𝘳𝘷𝘪𝘦𝘸, 𝘦𝘹𝘱𝘦𝘳𝘵 𝘫𝘶𝘥𝘨𝘦𝘮𝘦𝘯𝘵 dan 𝘧𝘰𝘤𝘶𝘴 𝘨𝘳𝘰𝘶𝘱 𝘥𝘪𝘴𝘤𝘶𝘴𝘴𝘪𝘰𝘯.

Survei dan riset kualitatif dilakukan pada tanggal 20 November – 3 Desember 2023.